Sering Buang Air Kecil Jadi Penanda Diabetes?

Rusmanto

Dipublikasikan 2 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Sering Buang Air Kecil Jadi Penanda Diabetes?
Winnetnews.com - Buang air kecil adalah salah satu aktivitas yang wajar kita lakukan setiap hari. Jika kita lebih banyak minum, maka frekuensi buang air kecil juga akan ikut meningkat. Hanya saja, pakar kesehatan menyebut peningkatan frekuensi buang air kecil yang tidak wajar bisa jadi terkait dengan diabetes. Sebenarnya, seperti apa sih kaitan antara sering buang air kecil dengan penyakit ini?

Kaitan antara frekuensi buang air kecil dengan diabetes

Pakar kesehatan menyebut buang air kecil sebagai aktivitas yang terkait dengan ginjal. Organ ini tak hanya menjaga keseimbangan cairan tubuh, melainkan juga menyaring darah sekaligus membuat limbah atau zat-zat beracun melalui urine.

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan peningkatan frekuensi buang air kecil. Sebagai contoh, jika kita lebih banyak minum atau berada dalam suhu udara yang dingin, hal ini bisa terjadi, namun pakar kesehatan menyebut peningkatan frekuensi buang air kecil yang diikuti dengan gejala lain seperti peningkatan sensasi haus dengan drastis memang bisa jadi terkait dengan diabetes.

Gejala diabetes lainnya yang harus diwaspadai adalah peningkatan kadar gula darah yang sangat tinggi, mudah lapar dan lebih sering minum, mudah lelah hingga mengantuk di jam-jam sebelum makan siang, hingga perubahan berat badan secara drastis. Jika kita mengalami berbagai gejala ini, sebaiknya segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter demi mengetahui penyebab pastinya.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...