Sering Dianggap Sepele, Ini Lho Penyebab Wajah Bruntusan
Sumber: hellosehat

Sering Dianggap Sepele, Ini Lho Penyebab Wajah Bruntusan

Sabtu, 5 Okt 2019 | 08:53 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Selain jerawat masalah yang sering dialami oleh wajah adalah bruntusan. Meskipun bukan sesuatu yang berbahaya, namun bruntusan juga bisa menganggu penampilan kita lho. 

Bruntusan merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu kondisi kulit yang permukaannya tidak rata atau kasar. Bruntusan yang muncul di wajah bisa disebabkan oleh komedo, iritasi wajah, milia, peradangan folikel rambut, dan lain sebagainya. 

Selain itu, ada hal lain juga yang bisa memincu bruntusan untuk muncul di wajah. Yuk simak apa saja penyebab bruntusan!

Asal-asalan membersihkan muka
Sampai sekarang masih banyak orang yang suka menyepelekan membersihkan muka. Padahal, hal ini merupakan prioritas yang harus dilakukan dalam merawat kulit wajah. Jika kamu malas mencuci wajah setelah beraktivitas di luar ruangan, maka kotoran-kotoran tersebut akan menempel dan menyebabkan bruntusan hingga jerawatan.

Selain memperhatikan cara mencuci muka dengan benar, kamu juga perlu membersihkan wajah dari kotoran dan debu sebelum benar-benar mencucinya dengan sabun wajah.

Terlalu sering cuci muka
Mencuci muka memang wajib untuk dilakukan. Namun jika terlalu sering, maka produksi minyak alami di wajah akan hilang. Hal ini bisa membuat kulit menjadi kering, kusam, perih, serta tipis yang bisa memincu bruntusan untuk muncul.

Idealnya, seseorang mencuci muka sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Pagi hari, sore, dan malam sebelum tidur. Sisanya, kamu bisa menggunakan air biasa untuk membersihkan muka.

Terlalu banyak gunakan pelembab
Menggunakan pelembab kebanyakan ternyata tidak baik sama sekali. Soalnya, pelembab yang terlalu menumpuk akan sulit untuk diserap oleh jaringan kulit. Selain itu, pelembab yang terlalu banyak juga bisa menutup pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat dan bruntusan.

Terlalu sering eksfoliasi
Penggunaan scrub mampu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Namun jika terlalu sering, kulit wajah akan menjadi tipis dan sensitif sehingga kotoran dapat dengan mudah menempel dan menyebabkan bruntusan. Sebaiknya, eksfoliasi hanya dilakukan 1-2 kali dalam satu minggu.

Jarang ganti sarung bantal
Tahu gak sih, ternayat jarang ganti sarung bantal bisa menyebabkan bruntusan. Hal yang sering dianggap sepele ini sebenarnya penting banget untuk dilakukan. Sebab, sarung bantal bisa menjadi tempat yang sangat cocok untuk kuman bersarang dan berasal dari keringat manusia. Maka dari itu, rutin lah untuk mengganti sarung bantal dan alas tidur kamu ya.

Malas minum air putih
Selain perawatan wajah, meminum air putih juga penting banget untuk dilakukan. Sebab, dengan minum air putih yang cukup, tubuh dan wajahmu akan tetap terhidrasi dengan baik. Sehingga tidak menyebabkan kulit yang kering dan bruntusan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...