Sering Disepelekan, Ini 5 Penyebab Umum Sembelit
Foto: The Conversation

Sering Disepelekan, Ini 5 Penyebab Umum Sembelit

Kamis, 8 Apr 2021 | 17:21 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Sembelit membuat perut terasa sangat tidak nyaman, mulai dari kembung, ingin terus ke kamar mandi, bahkan bisa menimbulkan rasa nyeri. Sembelit atau susah buang air besar umumnya terjadi kurang dari tiga hari. Tapi bagi sebagian orang, kondisi yang terjadi cukup parah, sehingga bisa membuat sulit BAB selama beberapa minggu.

Sembelit bisa terjadi karena beberapa faktor, mulai dari kurang konsumsi serat hingga stres. Berikut adalah beberapa penyebab umum seseorang mengalami sembelit.

Kurang serat

Asupan serat yang tidak memadai menjadi penyebab sembelit yang paling umum. Seperti diketahui, serat mempunyai peran besar dalam menjaga sistem pencernaan agar tetap berjalan lancar.

Kurang minum air putih

Selain kurang serat, jarang minum air putih juga bisa membuat kamu mengalami sembelit. Rata-rata orang harus minum setidaknya delapan gelas atau 64 ons air setiap hari. Disarankan untuk minum setengah ons air untuk setiap pon berat badan.

Jadi, jika berat badan kamu 140 pon, maka kamu perlu minum sebanyak 70 ons air setiap harinya. Namun jika kamu adalah orang yang aktif, kamu perlu minum lebih banyak dari itu.

Kekurangan kalori

Jiak kamu tidak cukup makan, maka besar kemungkinan kamu akan mengalami sembelit. Hal ini sering dikaitkan dengan asupan serat dan air yang tidak mencukupi.

Jarang olahraga

Jarang berolahraga ternyata juga bisa menyebabkan sembelit. Tubuh yang bergerak mendorong usus untuk berkontraksi dan menggerakan makanan melalui saluran pencernaan.

Cobalah berjalan kaki selama 15-30 menit setelah makan dan lihat apakah kamu menemukan perbedaan dan tidak mengalami sembelit lagi.

Stres

Stres bisa memengaruhi fungsi usus yang normal dan menyebabkan gangguan usus, serta sembelit. Agar tingkat stres berkurang, kamu bisa mencoba melakukan meditasi, yoga, atau aktivitas lain yang menyenangkan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...