Sering Disepelekan, Kutil Kelamin Sulit Disembuhkan

Aldina Putri Nst
Aldina Putri Nst

Sering Disepelekan, Kutil Kelamin Sulit Disembuhkan Sumber foto: Google
Winnetnews.com - Kutil biasanya sering ditemuai dianggota tubuh seperti jari tangan, telapak tangan, dan bagian yang mudah terlihat lainnya. Namun, tidak banyak orang mengetahui bahwa kutil bisa timbul di bagian vital seperti di alat kelamin. Infeksi virus Human Papilloma (HPV) adalah penyebab timbulnya kutil kelamin dan kanker serviks.

HPV ini sendiri biasa ditularkan melalui kontak langsung dengan bagian tubuh yang telah terinfeksi kutil, terutama bisa menular saat melakukan hubungan seksual.

Anthony Handoko Spesialis kulit dan kelamin menjelaskan bahwa kutil kelamin adalah penyakit yang tergolong dalam tumor jinak.

“Penyakit ini menginfeksi lapisan kulit sel basa yang muncul di area anogenital, yaitu daerah kelamin dan sekitarnya termasuk dubur,” ujar Anthony, Jakarta, Kamis (28/3/19).

Dimana kutil kelamin akan muncul?

Untuk pria sendiri, kutil biasa muncul di area rambut kemaluan, batang penis, kepala penis, buah zakar, selangkangan dalam, dan juga anus. Sedangkan wanita, kutil akan muncul di area pubis, labia minora dan mayora, serviks, selangkangan dalam dan juga anus.

Kapan akan terinfeksi?

Kutil kelamin dapat muncul di waktu kapan saja ketika melakukan hubungan seksual atau kotak seksual dengan orang yang telah terinfeksi. Walaupun begitu, tertular atau tidaknya tergantung pada besranya virus dan keadaan sistem kekebalan tubuh.

Bagaimana bentuk kutil kelamin?

Bentuk kutil yang akan muncul pada kelamin akan berupa kulit timbul, bisa saja datar, menonjol, dan gabungan yang berbentuk kol. Jika dibiarkan akan membesar.

Siapa yang menjadi penderita kutil kelamin?

Kutil kelamin biasa terjadi pada orang-orang yang aktif berhubungan seksual dengan banyak orang, atau juga berhubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan. Imunitas yang rendah, merokok, dan seringnya mengonsumsi alkohol akan rentan menjadi penderita kutil kelamin.

Bagaimana pengobatannya?

Untuk pengobatan tidak begitu mudah, membutuhkan proses yang berulang untuk jangka waktu yang cukup lama. Kutil akan kembali kambuh ketika pengobatan tidak dijalankan sampai tuntas. Sangat disarankan untuk melakukan pengobatan melalui dokter, karena tingkat kesembuhan bisa mencapai 100 persen. Sementara pengobatan yang dilakukan sendiri melalui menggunakan krim atau salep tingkat kesembuhan hanya 10 persen saja.

 

Apa Reaksi Kamu?