Sering Gunakan Headset? Ini Batasan Volume dan Durasinya yang Aman
ilustrasi

Sering Gunakan Headset? Ini Batasan Volume dan Durasinya yang Aman

Jumat, 5 Jul 2019 | 12:19 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Mendengarkan lagu pakai headset merupakan sebuah kebiasaan yang sulit dihentikan. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan orang menggunakannya untuk menemani aktivitas harian mereka. Mulai dari berjalan, bersepeda, pergi ke kantor atau sekolah, hingga sekadar bersih-bersih rumah.

Akan tetapi, tentu saja kebiasaan ini berisiko merusak pendengaran jika tidak dilakukan secara hati-hati. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan bila terbiasa mendengarkan lagu pakai headset atau headphone.

Rusaknya pendengaran akibat pemakaian headset yang berlebihan

Sebelum mengetahui apa saja yang harus diperhatikan saat mendengarkan lagu pakai headset, ada baiknya Anda mengetahui bahaya dari penggunaan headset.

Telinga Anda adalah organ yang sangat peka. Pada saat mendengarkan lagu, suara yang memasuki telinga Anda membuat gendang telinga bergetar.

Getaran tersebut dapat mencapai koklea (rumah siput). Koklea adalah tempat yang membawa cairan yang berfungsi untuk merangsang serabut saraf agar berjalan ke otak. Di sinilah proses penafsiran suara dilakukan.

Pendengaran yang rusak terjadi akibat sel-sel rambut di telinga Anda hancur. Umumnya, kondisi tersebut disebabkan oleh terlalu lamanya mendengarkan suara keras dalam waktu yang lama.

Nah, headset dan headphone bisa menjadi sebuah bumerang bagi Anda. Di satu sisi Anda bisa mendengarkan lagu dengan nyaman tanpa mengganggu orang lain.

Akan tetapi, alat ini juga bisa menyebabkan gangguan gendang telinga jika dipakai dalam waktu yang lama.

Sama seperti organ tubuh lainnya, telinga Anda juga memiliki batas kemampuan. Mereka hanya bisa mendengarkan suara sampai pada tingkat 85 desibel saja.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...