Sering Gunakan WiFi Gratis? Wasapadai Empat Ancaman Ini

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Sering Gunakan WiFi Gratis? Wasapadai Empat Ancaman Ini Ilustrasi: The Cheat Sheet

Winnetnews.com - Pertanyaan yang sering kita dapatkan saat berkunjug ke restoran atau kafe tentunya adalah perihal password WiFi. Tidak sedikit restoran di kota, terutama di Jakarta, yang menyediakan fasilitas WiFi gratis untuk para pengunjungnya. Penyediaan WiFi ini diharapkan membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di kafe atau restoran tersebut.

Namun penggunaan WiFi di tempat-tempat seperti ini rupanya tidak bebas resiko. Ada banyak bahaya yang mengintai di balik penggunaan WiFi massal ini. Empat hal penting ini harus kamu perhatikan jika menggunakan WiFi di tempat umum.

1. Jangan lakukan transaksi online

Ilustrasi: Haas & Fischer

Mobile banking atau e-commerce sangat rentan dengan kejahatan siber. Tanpa sistem keamanan yang apik, jejak digitalmu dapat tertinggal dan dapat digunakan oleh oknum-oknum jahat untuk mencuri data atau bahkan merampok uang di rekeningmu. Jangan pernah memasukkan informasi nomor kartu kredit saat ponselmu terhubung dengan layanan WiFi massal seperti ini.

2. Matikan WiFi setelah digunakan

Ilustrasi: Guiding Tech

Setelah rampung WiFi-an gratis, jangan lupa untuk mematikan transmitter di ponselmu. Kelupaan mematikan jaringan WiFi bisa memicu para penjahat untuk melacak keberadaanmu.

Tidak mematikan transmitter usai memakai WiFi di tempat umum juga berpotensi menghabiskan baterai ponsel. Tidak hanya itu, pihak-pihak pembuat iklan iseng juga bisa memanfaatkan kondisi ini untuk membombardir ponselmu dengan iklan atau clickbait yang bisa membuat ponselmu disisipi virus.

Apa Reaksi Kamu?