(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Sering Kesal dengan Pendapat Orang Lain? 3 Cara Ini Bisa Bantu Tenangkan Dirimu

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Sering Kesal dengan Pendapat Orang Lain? 3 Cara Ini Bisa Bantu Tenangkan Dirimu Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Debat sering kita dengan dalam kehidupan kita, tidak hanya persoalan politik atau yang sejenisnya, tapi juga debat dengan pasanganmu. Kadang pasanganmu tidak setuju dengan pendapatmu. Pilihannya adalah kamu mengalah atau kamu terus berdebat.

Itu bisa menjadi sulit untuk memiliki argumen produktif dengan orang-orang, terutama jika kamu memiliki hubungan dengan mereka. 

Bagaimana kamu mempertahankan hubungan dengan mereka setiap kali kamu mendengar orang lain mengatakan sesuatu yang kamu anggap menyinggung perasaan? Apa pilihanmu dalam situasi itu, selain menyerang atau diam?

Dr. Susan Heitler ahli psikologis klinis memecah proses 3 langkah yang dapat membantumu menemukan cara konstruktif untuk mempertahankan dialog terbuka dengan orang-orang yang tidak kamu setujui.

1. Jeda untuk menenangkan diri

Ketika seseorang mengatakan sesuatu yang menyinggung perasaan saat berdebat, itu bisa membuat emosimu (dan bisa dimengerti begitu). Tapi itu tidak selalu merupakan keadaan terbaik jika kamu ingin meresponsnya. 

Cara terbaik untuk meredakan situasi tersebut adalah dengan hanya melangkah mundur dan luangkan waktu untuk mengumpulkan dirimu. (Kamu bahkan mungkin perlu mengalihkan perhatian sejenak untuk kembali ke keadaan mental yang lebih nyaman.)

Ini bukan pertanda kelemahan. Kamu hanya mengambil emosi ter-marah-mu dan menunggu sampai kamu tidak hanya siap untuk berbicara secara rasional, tapi kamu juga siap untuk mendengarkan lebih rasional juga.

2. Dengarkan apa yang bisa kamu setujui

Ini bisa sulit, terutama jika orang lain mengatakan sesuatu yang benar-benar tercela.

Namun, jika memungkinkan, selalu baik untuk mencoba menemukan beberapa aspek dari apa yang mereka katakan bahwa kamu bisa menyetujuinya pada tingkat yang luas. Ini memungkinkan kamu untuk memvalidasi pendapat mereka, kamu tidak perlu menyetujuinya, kamu hanya mengatakan bahwa kamu pernah mendengarnya, dan ini memberimu sedikit kesamaan yang bisa kamu coba gunakan untuk membawa argumen kembali ke Jalan tengahnya lebih stabil.

Jadi, jika orang lain mengatakan sesuatu yang kamu anggap tidak masuk akal, cobalah temukan beberapa elemen yang tidak mengerikan dari apa yang mereka katakan.

3. Tambahkan pendapatmu

Ini adalah langkah penting yang membangun Langkah kedua. Anggap saja kamu melakukan hal yang tidak mungkin dan menemukan kesamaan dengan orang yang tidak kamu setujui.

Kamu mengambil pendapat mereka yang benar-benar bertentangan, kamu mengakui bahwa kamy pernah mendengarnya, dan bahkan kamu mengutip satu elemen (betapapun kecilnya) dalam pernyataan mereka yang dapat kamu setujui.

Langkah selanjutnya adalah mengambil landasan bersama itu dan mengarahkannya kembali ke tempat di mana kamu bisa secara konstruktif dan tidak konfrontasional mengekspresikan pendapatmu. Karena dialogmu seharusnya tidak melibatkanmu dalam menjaga perdamaian atau tetap diam. Kamu juga harus jujur kepada diri sendiri.

Kamu bisa menambahkan pandanganmu dengan mengambil sedikit kesepakatan, yaitu "Saya dapat melihat mengapa hal itu menjadi perhatianmu" dan menggunakannya untuk menyampaikan pendapatmu, yaitu "Saya dapat melihat mengapa hal itu menjadi perhatianmu ... dan, pada saat bersamaan , Aku benar-benar percaya itu ... "

Mencari kebenaran dari perkataan mereka (dengan cara apa pun yang kamu bisa) memungkinkanmu mendapatkan kesempatan untuk menemukan cara yang positif dan sopan untuk memastikan pandanganmu akan didengar juga.
 

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});