Sering Konsumsi Bayam Berisiko Kena Batu Ginjal?
ilustrasi

Sering Konsumsi Bayam Berisiko Kena Batu Ginjal?

Jumat, 13 Des 2019 | 11:56 | Rusmanto
Winnetnews.com - Bayam dikenal luas sebagai salah satu sayuran yang paling baik bagi kesehatan. Harganya juga terjangkau dan cenderung mudah didapatkan di mana saja. Hanya saja, apakah benar jika terlalu sering mengonsumsi bayam bisa meningkatkan risiko terkena batu ginjal?

Kaitan Antara Bayam dengan Risiko Batu Ginjal?

Sebelum jauh membahas tentang kaitan antara bayam dengan batu ginjal, kita sebaiknya membahas tentang risiko dari penyakit yang bisa menyebabkan sensasi nyeri ini. Sebagai informasi, data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada 2013 silam membuktikan bahwa masyarakat Indonesia cenderung menerapkan gaya hidup yang buruk yang bisa memicu datangnya batu ginjal.

Penyakit yang lebih banyak diderita kaum pria dibandingkan dengan kaum wanita ini disebabkan oleh menumpuknya kalsium yang tak digunakan di dalam tubuh. Kalsium ini berjenis kalsium oksalat.

Pakar kesehatan menyebut makan bayam tidaklah secara langsung menyebabkan batu ginjal. Hanya saja, di dalam bayam memang terdapat kandungan kalsium oksalat yang secara tidak langsung bisa meningkatkan risiko terkena masalah kesehatan ini.

Jika mengonsumsi bayam satu porsi atau sekitar 100 gram, maka kita bisa mendapatkan oksalat sebanyak 970 miligram. Jumlah ini sebenarnya tidak begitu besar. Hal ini berarti, asalkan tidak dikonsumsi dengan berlebihan, makan bayam sebenarnya tidak akan langsung menyebabkan batu ginjal.

Hanya saja, bagi mereka yang mengalami masalah pada fungsi ginjal atau gangguan pencernaan, sebaiknya memang tidak berlebihan dalam mengonsumsi bayam atau membatasi konsumsinya demi mencegah datangnya batu ginjal.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...