Sering Main Ponsel, Mata Bisa Buta Sementara

Rusmanto
Rusmanto

Sering Main Ponsel, Mata Bisa Buta Sementara ilustrasi
Winnetnews.com -  Kasus masalah kesehatan yang terkait dengan penggunaan ponsel berlebihan kembali terjadi. Kali ini, seorang wanita bahkan sampai mengalami kebutaan sementara akibat berlebihan main ponsel. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Kebutaan Sementara Akibat Berlebihan main Ponsel

Kasus yang bisa dijadikan pelajaran bagi kita agar lebih bijak memainkan ponsel ini terjadi di Tiongkok. Saat itu, wanita yang tidak diungkap identitasnya ini memainkan ponselnya tanpa henti semalaman suntuk. Sayangnya, hal ini membuat matanya mengalami ketegangan berlebihan dan akhirnya membuat pembuluh darah di retina mata kirinya pecah sehingga memicu kebutaan semenara.

“Sang pasien terus memainkan ponselnya semalaman. Saat pagi hari, dia bangun tidur dan langsung melihat ponselnya lagi. Sekitar lima menit kemudian mata kirinya tidak bisa melihat sehingga membuatnya meminta bantuan medis,” ucap dr. Qui Wangjian dari Songgang People’s Hospital yang menangani kondisi sang wanita.

Saat mengecek kondisi sang wanita, dr. Qui melihat adanya bercak darah pada retina sang wanita. Ia pun langsung mendiagnosis sang wanita dengan retinopati valsalva. Tak hanya membuat pandangan menghilang, sang wanita juga bisa mengalami muntah-muntah, serangan asma, batuk-batuk, dan lain-lain.

Sang wanita kemudian mendapatkan metode parawatan laser yang membuat lubang kecil di bagian retinanya sehingga bagian mata ini kembali bisa mendapatkan aliran darah. Hal ini diharapkan bisa mengembalikan penglihatannya seperti semula.

Kasus gangguan penglihatan yang disebabkan oleh penggunaan ponsel berlebihan bukan kali ini saja terjadi. Dalam realitanya, telah banyak kasus yang membuat korban bahkan sampai buta akibat penggunaan peralatan elektronik yang sulit untuk kita lepaskan ini.

Pakar kesehatan dari American Academy of Opthalmology menyarankan kita untuk memakai filter pelindung layar dan memastikan untuk memberikan jarak antara mata dengan ponsel. Selain itu, pastikan untuk mengistirahatkan mata jika sudah memainkan ponsel selama 20 menit dan mengedipkannya demi mencegah mata kering dan gangguan penglihatan lainnya.

Apa Reaksi Kamu?