Sering Main Ponsel Sebelum Tidur Bisa Bikin Gula Darah Naik?
ilustrasi

Sering Main Ponsel Sebelum Tidur Bisa Bikin Gula Darah Naik?

Jumat, 6 Des 2019 | 19:17 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Sudah menjadi rahasia umum jika bermain ponsel sebelum tidur tidak baik bagi kesehatan. Tak hanya bisa mengganggu waktu tidur, pakar kesehatan menyebut hal ini ternyata bisa menyebabkan peningkatan risiko diabetes. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Dampak Bermain Ponsel Sebelum Tidur

Salah satu pemicu utama dari datangnya diabetes adalah meningkatnya kadar gula darah. Masalahnya adalah gaya hidup yang buruk bisa menjadi pemicu dari hal ini. Tak hanya pola makan yang buruk seperti sering mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan kalori dan gula tinggi, kebiasaan memainkan ponsel sebelum tidur ternyata juga bisa menyebabkan dampak yang sama. Fakta ini terungkap dari penelitian yang dipublikasikan dalam Medical Daily.

Dalam penelitian yang hasilnya diunggah dalam jurnal Physiology and Behavior ini, disebutkan bahwa paparan cahaya layar ponsel di malam hari atau sebelum tidur bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah dengan signifikan.

“Bahkan, meskipun kita sudah menurunkan level cahayanya sehingga tidak begitu menyilaukan mata, paparan cahaya dari layar peralatan elektronik ini sudah cukup untuk memberikan dampak buruk bagi kondisi kesehatan kita,” ucap salah satu peneliti yang terlibat, Kathryn Russart dari Ohio State University Wexner Medical Center Columbus.

Russart menyebut cahaya layar ponsel di malam hari atau sebelum tidur bisa menyebabkan gangguan endokrin. Hal ini juga akan mengacaukan ritme sirkadian tubuh. Hal ini membuat sistem yang ada di dalam tubuh kebingungan dan akhirnya menurunkan kualitas tidur dengan signifikan. Masalahnya adalah gangguan endokrin juga bisa memicu kenaikan kadar gula darah.

“Paparan cahaya ponsel atau peralatan elektronik lainnya seperti televisi dan laptop bisa mengacaukan jam biologis tubuh dan akhirnya memicu ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Hal inilah yang kemudian berimbas menjadi lonjakan kadar gula darah.

Sebaiknya memang kita tak lagi menggunakan ponsel atau peralatan elektronik lainnya beberapa jam sebelum tidur demi mencegah datangnya masalah kesehatan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...