Sering Makan di Meja Kerja? Awas, Ini 5 Dampak Negatifnya

Daniel
Daniel

Sering Makan di Meja Kerja? Awas, Ini 5 Dampak Negatifnya Ilustrasi

Winnetnews.com - Untuk kamu para pekerja kantoran, sudah jadi hal yang lumrah melahap makan siang di meja kerja. Selain tidak ribet, kamu juga bisa menghemat waktu ketimbang harus jalan ke kantin. Jika ini telah menjadi kebiasaan kamu, sepertinya sudah saatnya kamu mengubahnya jika tak ingin menyesal di kemudian hari. Mengutip Liputan6 dan Times of India, Inilah dampak yang bakal kamu terima jika sering makan siang di meja kerja.

1. Berdampak pada kesehatan

Alasan karyawan makan siang di atas meja kerja karena tengah menyelesaikan pekerjaan. Secara otomatis, mereka makan terburu-buru. Ahli gizi Shona Wilkinson mengatakan, makan cepat-cepat dapat merugikan kesehatan. Seharusnya, tubuh dalam posisi tegak ketika tangan memasukan sendok berisi makanan ke dalam mulut, bukan malah membungkuk sambil fokus menatap layar komputer.

"Duduk tegak dapat meningkatkan pencernaan Anda dan mengurangi kembung," kata Shona.

2. Kurangnya asupan nutrisi

Mengunyah setiap suapan secara perlahan dan menyeluruh melepas lebih banyak nutrisi dari makanan yang kita santap. Sedangkan menelan makanan yang dikunyah secara kurang maksimal menyebabkan terjadinya kembung. Inilah perlunya kita makan siang di kantin bukan di atas meja kerja.

3. Makanan tidak bergizi

Seringnya, karyawan memilih menyantap makanan cepat saji di atas meja kerja ketimbang makanan sehat. Makanan olahan penuh lemak dan gula, kata Shona, hanya menambah timbunan lemak di tubuh. Selain itu membuat kita mudah mengantuk.

4. Terlalu terburu-buru

Makan terlalu cepat karena diburu-buru pekerjaan membuat kita tidak menyadari apakah tubuh sudah benar-benar kenyang atau tidak. Akibatnya, membuat kita mudah sekali lapar padahal sudah makan banyak. Sedangkan saat kita makan dalam keadaan santai, kita lebih mudah memahami sinyal kenyang.

Terlepas dari itu semua, The American Journal of Clinical Nutrition menyebut, makan di depan layar komputer atau televisi membuat kita lebih mudah menyantap lebih banyak kalori. Lebih baik fokus pada makanan, jauhkan kedua mata dari layar komputer dengan memandang objek lainnya.

Apa Reaksi Kamu?