Sering Makan untuk Membuang Stres? Lakukan Tujuh Cara ini Sebagai Pengganti
IIlustrasi: Huffington Post

Sering Makan untuk Membuang Stres? Lakukan Tujuh Cara ini Sebagai Pengganti

Sabtu, 19 Okt 2019 | 09:45 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Banyak orang mengaku jika mereka akan lebih sering makan ketika mengalami stres. Hal ini memang bukan sesuatu yang awam di telinga kita. Beberapa jenis makanan memang dikenal ampuh untuk mengurangi tingkat stres, seperti makanan manis dan karbohidrat. Jika dikonsumsi secara berlebihan, makanan ini tentu akan berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan.

Dilansir dari Fimlea, berikut ini adalah beberapa cara untuk menghindari konsumsi makanan tidak sehat saat sedang stres.

1. Pastikan apakah kamu lapar

image0
Ilustrasi: MSN.com

Ketika hendak makan, kamu sering tidak sadar apakah tubuhmu benar-benar lapar atau tidak. Oleh sebab itu, kamu harus bisa memastikan apakah kamu sungguh lapar atau sedang emosi. Hal ini bisa menyadarkanmu untuk bisa mengontrol porsi makan ketika stres.

2. Meditasi

image1
Ilustrasi: Verywell Mind

Selain makan, meditasi juga terbukti ampuh untuk mengubah keadaan mood dan pikiran kita. Latihan meditasi selama beberapa menit secara efektif dapat mengurangi stres sekaligus menjaga tubuh untuk mengurangi makan karena stres.

3. Istirahat

image2
Ilustrasi: Dr. Phil Maffeton

Jika kesulitan mengontrol  nafsu makan yang tidak terbendung, kamu bisa mensiasati dengan melakukan jalan-jalan kecil di sekeliling kantor atau rumah. Tidur ringan juga secara efektif bisa membantu pikiran rileks kembali.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...