Sering Mati Listrik, Masih Awetkah Makanan di Dalam Freezer?

Sering Mati Listrik, Masih Awetkah Makanan di Dalam Freezer?

Selasa, 25 Jul 2017 | 11:17 | kontributor

winnetnews.com - Listrik sering padam bisa membuat persediaan makanan di kulkas rusak. Sebenarnya berapa lama makanan bisa tahan disimpan di kulkas tanpa listrik? Gangguan listrik seringkali terjadi tanpa diinginkan. Entah itu karena gangguan alam, saluran listrik yang bermasalah ataupun tagihan listrik yang belum dibayar.

Jika terjadi gangguan listrik, tentu saja membuat kita kewalahan. Selain sulitnya beraktivitas, kita akan kehilangan banyak makanan di kulkas yang rusak akibat tidak ada daya listrik.

Dikutip dari laman bnd (23/7), menurut FDA makanan di lemari es akan aman, asalkan daya listrik tidak mati lebih dari 4 jam. Batas empat jam hanya berlaku jika pintu kulkas tetap dibiarkan tertutup.

Berbeda dengan makanan yang ada di freezer, makanan beku akan bertahan lebih lama. Freezer yang penuh, dapat menjaga makanan hingga 48 jam. Sedangkan freezer yang berisi setengah, hanya akan bertahan selama 24 jam, selama pintu kulkas tetap dibiarkan tertutup.

'Jika ada makanan seperti ikan, daging atau telur di lemari es tanpa daya listrik selama lebih dari dua jama, buanglah. Tapi jika makanan masih mengandung kristal es atau berada pada suhu 4 derajat celcius atau mungkin lebih rendah, kamu bisa menyegarkannya kembali, atau memasaknya,' ungkap spesialis makanan, Jillian Hicks.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...