Sering Membuka Media Sosial Bikin Seseorang Merasa Terisolasi

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Sering Membuka Media Sosial Bikin Seseorang Merasa Terisolasi Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Pasti kamu sering melihat beberapa orang asik dengan gadegt mereka, hingga mereka lupa jika banyak orang disekeliling mereka. tapi ada sebuah penelitian yang mengatakan kalau orang yang sering membuka gadget mereka, itu pertanda mereka sedang kesepian. Kok bisa?

Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine oleh para peneliti dari University of Pittsburgh mengungkapkan bagaimana peningkatan penggunaan media sosial dikaitkan dengan tingkat yang lebih tinggi dari isolasi sosial pada orang dewasa muda.

Penelitian sebelumnya telah menyarankan bahwa lebih banyak waktu di media sosial terkait dengan depresi, kecemburuan, rendah diri dan perasaan rendah diri. Studi baru telah datang untuk lebih memahami bagaimana hal itu sangat memengaruhi perilaku dan suasana hati.

Para peneliti meminta 1.787 peserta, dengan umur dari 19 sampai 32 tahun, tentang kebiasaan media sosial mereka dan bagaimana mereka merasa tentang tempat mereka di dunia. Mereka diminta untuk mengisi Laporan Hasil Sistem Informasi Pengukuran Pasien tersebut. Tes ini berhubungan dengan bagaimana sosial atau seseorang merasa terisolasi.

Studi ini menemukan bahwa peserta dengan penggunaan yang tinggi, dua jam sehari atau lebih, dari Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain telah dirasakan sendiri untuk menjadi lebih terisolasi dibandingkan dengan orang-orang yang menghabiskan waktu kurang dari setengah jam sehari.

Mereka yang mengunjungi 58 kali atau lebih dalam seminggu, memiliki tiga kali kesempatan merasa terisolasi secara sosial dibandingkan dengan mereka yang hanya mengunjungi sembilan kali atau kurang.

Para peneliti menunjukkan bahwa perasaan terisolasi sering dikaitkan dengan efek kesehatan negatif seperti berat badan, pola tidur dan fungsi kekebalan tubuh. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dan dampaknya bisa membantu memerangi lebih dari sekedar kesepian dan isolasi sosial pada orang dewasa muda, menurut CNN .

Media sosial mengambil begitu banyak waktu kita, yang bisa dikeluarkan dalam sosialisasi dengan orang lain. Ada teori yang melihat foto-foto orang lain bersenang-senang di acara dapat memperburuk perasaan seperti cemburu.

Forbes melaporkan, Elizabeth Miller, penulis senior studi berkata "Ada kemungkinan bahwa orang dewasa muda yang awalnya merasa terisolasi beralih ke media sosial. Atau bisa juga bahwa peningkatan penggunaan media sosial entah bagaimana menyebabkan perasaan terisolasi dari dunia nyata."

Media sosial masih memiliki manfaat, seperti tetap berhubungan dengan teman dan keluarga yang dipisahkan oleh jarak yang jauh. Menyesuaikan sikap kita terhadap hal itu adalah kuncinya

Apa Reaksi Kamu?