Sering Merasa Kelelahan? Mungkin Kamu Mengidap <em>Adrenal Fatigue</em>
ilustrasi

Sering Merasa Kelelahan? Mungkin Kamu Mengidap <em>Adrenal Fatigue</em>

Selasa, 6 Agt 2019 | 08:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Terus merasa kelelahan, tentu mengganggu rutinitas Anda. Bisa jadi ini bukan kelelahan biasa dan merupakan pertanda dari adrenal fatigue (kelelahan adrenal). Sebenarnya, apa itu adrenal fatigue?

Apa itu adrenal fatigue?

Menurut Todd D. Nippoldt, MD seperti dilansir dari laman Mayo Clinic, adrenal fatigue adalah istilah pada sekumpulan gejala umum, seperti nyeri badan, kelelahan, gangguan tidur, dan masalah tidur.

Meski begitu, menurut laman Harvard Health Publishing, kondisi ini belum sepenuhnya diakui oleh ahli endokrinologi sebagai suatu kondisi kesehatan.

Terlebih banyak pula kondisi kesehatan yang menyebabkan gejala serupa.

Keputusan tersebut juga didukung oleh sebuah laporan tahun 2016 pada jurnal BMC Endocrine Disorder yang meninjau kembali 58 studi mengenai keletihan adrenal.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa seluruh studi yang telah dilakukan masih memiliki keterbatasan. Misalnya, tes untuk mengetahui tingkat kortisol (hormon stres) pada air liur untuk menegakkan diagnosis tidak menunjukkan banyak perbedaan.

Sebanyak 61% hasil tes air liur dari semua studi tidak menunjukkan perbedaan yang bisa dijadikan tolok ukur. Baik itu tingkat kortisol di air liur pada orang sehat ataupun dengan orang yang dianggap memiliki kelelahan adrenal.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...