Sering Mimpi Buruk? Pertanda Kondisi Kesehatan Kurang Baik Loh

Muchdi
Muchdi

Sering Mimpi Buruk? Pertanda Kondisi Kesehatan Kurang Baik Loh Lustrasi mimpi buruk ( Photo Istimewa )

WinNetNews.com -  Mimpi adalah cerita dan gambar yang diciptakan pikiran saat sedang tidur. Seseorang bisa bermimpi setidaknya 3-5 kali seminggu. Cerita yang muncul dalam mimpi bisa menghibur, menyenangkan, menyedihkan atau menyeramkan.

Mimpi buruk diklasifikasikan sebagai urutan mimpi yang tampak realistis dan sering membangunkan orang. Mimpi buruk adalah pengalaman yang kompleks. Meskipun ketakutan adalah emosi dominan yang dirasakan selama mimpi buruk, sebuah studi tahun 2014 melaporkan bahwa kesedihan, kemarahan, kebingungan, jijik, frustrasi atau rasa bersalah juga umum terjadi.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sleep, melihat isi dari 351 mimpi buruk orang dewasa dan menemukan bahwa tema yang paling sering dilaporkan adalah agresi fisik, diikuti dengan dikejar dan keberadaan kekuatan jahat.

Seringkali, mimpi dianggap sebagai bunga tidur dan tidak menjadi pertanda apapun. Tetapi jika mimpi buruk mulai sering terjadi, itu bisa menjadi tanda masalah kesehatan.

Terdapat fenomena yang disebut gangguan perilaku tidur, yakni ketika seseorang bermimpi dan juga berperilaku agresif dengan berteriak, bergerak atau melompat dari tempat tidur, bisa saja menjadi penyebab penyakit neurologis seperti Parkinson.

Selama mimpi buruk, emosi dan masalah yang kita temui pada siang hari berubah menjadi karakter dan skenario.  

Seperti dikutip dari situs detikHealth  dari laman CNN, dikutip Senin (24/12/2018), Secara umum, mimpi buruk akan terjadi jika seseorang memiliki masalah tidur yang lama," kata Jason Ellis, direktur dari Northumbria University's Centre for Sleep Research.

Pakar tidur, Bill Fish, berujar rata-rata, seseorang mengalami setidaknya satu mimpi buruk seminggu. Namun jika kejadiannya terjadi secara terus menerus, itu menjadi tidak normal dan harus mendapat penanganan.

"Jika mulai sering mengalami mimpi buruk, dokter pasti akan bertanya mengenai perubahan dalam gaya hidup atau kondisi kesehatan. Sebab, stres dan trauma juga bisa menyebabkan mimpi buruk sering muncul," ujar Bill.

Studi telah menemukan masalah kesehatan mental lainnya yang juga terkait dengan mimpi buruk yang sering terjadi, seperti gangguan bipolar dan skizofrenia.

Meski tidak semua mimpi buruk menjadi pertanda kondisi kesehatan kurang baik, namun lebih bijak untuk mengunjungi ahli jika masalah tersebut terjadi terus menerus.

Apa Reaksi Kamu?