Sering Minum Obat Tanpa Air? Ini Dampaknya bagi Kesehatan

Rusmanto
Rusmanto

Sering Minum Obat Tanpa Air? Ini Dampaknya bagi Kesehatan ilustrasi
Winnetnews.com - Belakangan ini beredar informasi yang menyebut minum obat selain dengan menggunakan air seperti dengan menggunakan pisang atau makanan lainnya bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Apakah kabar ini memang benar?

Dampak Minum Obat Tanpa Menggunakan Air

Tidak semua orang bisa minum obat dengan mudah. Ada yang bahkan sampai muntah-muntah hanya gara-gara berusaha untuk menelannya. Demi menyiasati hal ini, mereka memilih untuk menelan obat dengan menggunakan pisang, roti, atau makanan lainnya. Hanya saja, ada yang sampai tersedak akibat hal ini.

Pakar kesehatan menyebut minum obat dengan menggunakan air adalah cara terbaik untuk memasukkannya ke dalam tubuh karena jika dikonsumsi dengan makanan, ada kemungkinan obat akan tersangkut di bagian tenggorokan.

Tak hanya menyebabkan sensasi tidak nyaman dan pahit, bisa saja hal ini akan memicu iritasi atau peradangan pada bagian tenggorokan. Masalahnya adalah, dampak dari hal ini bisa saja berlanjut menjadi asam lambung tinggi, nyeri dada, atau bahkan perdarahan pada tenggorokan.

Obat yang sampai tersangkut di tenggorokan tidak akan langsung memberikan efek samping atau rasa nyeri. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya saraf rasa nyeri pada tenggorokan. Masalahnya adalah keberadaan obat ini bisa membuat jaringan yang cenderung lembut di bagian tenggorokan mengalami luka atau dampak lainnya.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi obat dengan minum air sebanyak 250 ml. Hal ini berarti, jika kita bisa minum obat dengan air berjumlah lebih sedikit, ada baiknya tidak perlu membanggakanya. Air sangatlah dibutuhkan demi memastikan bahwa obat sampai ke bagian lambung tanpa tersangkut di tenggorokan. Hal ini berarti, kita sebaiknya tetap minum air dalam jumlah yang banyak saat minum obat.

Kita juga sangat disarankan untuk minum obat dalam posisi duduk. Selain itu, jangan meminumnya di waktu yang terlalu dekat dengan tidur demi memastikan bahwa obat sudah mampu mencapai bagian lambung sebelum kita berbaring.

Apa Reaksi Kamu?