Skip to main content

Sering Terbangun Tengah Malam? Ini Cara Agar Tidur Nyenyak Tanpa Terbangun Tengah Malam!

Ilustrasi Tertidur tengah amalam  foto istimewa
Ilustrasi Tertidur tengah amalam foto istimewa

WinNetNews.com - Apakah kamu sering tiba-tiba terbangun di waktu subuh, terutama pada pukul 3 pagi? Pukul 3 pagi seharusnya menjadi saat-saat semua orang, termasuk kamu masih lelap dalam tidurnya.

Lantas, bagaimana caranya tidur nyenyak, tanpa terbangun di tengah malam? Dilansir dari mydomaine.com, Wendy Troxel, Ph.D., ahli tidur merekomendasikan kamu untuk bangun dari tempat tidur dan melakukan kegiatan santai, yang dapat membuat kamu tertidur kembali, seperti membaca buku.

"Otak kita dapat belajar melalui asosiasi atau kebiasaan, dan untuk dapat tidur dengan nyenyak, otak harus dibiasakan memahami hubungan antara kegiatan tidur dengan tempat tidur. Kuncinya adalah menyingkirkan fakta bahwa kamu tidak dapat tidur kembali. Buang jauh-jauh kekhawatiran dari tempat tidur. Sekali otak memiliki kegiatan lain untuk fokus, maka besar kemungkinan kamu akan merasa ngantuk kembali," papar Wendy.

Hal lain yang dapat kamu lakukan untuk mencegah masalah tidur, Wendy menganjurkan kamu untuk melakukan olahraga di malam hari, untuk menghilangkan stres dan membiasakan jam bangun tidur.

"Jam bangun adalah satu-satunya faktor paling penting yang dapat membiasakan otak mengerti jam biologis tubuh kamu, sehingga otak paham kapan harus terjaga dan bangun di pagi hari dan kapan harus tidur di malam hari," jelas Wendy.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top