(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Serunya Menjadi Atlet Olahraga

Oky
Oky

Serunya Menjadi Atlet Olahraga sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Kalian tau gak angkat besi atau angkat berat adalah cabang olahraga yang berlomba untuk mengangkat barbel dengan kombinasi kekuatan,kemampuan fisik,displin,mental dan fleksibilitas?

Kita tau olaharga adalah akktivitas untuk melatih tubuh seseorang tidak hanya jasmani, tapi juga rohani (misalkan catur). Olahraga juga berguna untuk mengembangkan keterampilan dalam aktivitas yang konduksif untuk mengembangkan hidup sehat, berkembang secara sosial dan menyumbang pada kesehatan fisik dan mentalnya meskipun pendidikan jasmani menawarkan kepada anak untuk bergembira dan memberi kesempatan kepada anak untuk mempelajari berbagai kegiatan yang membina sekaligus mengembangkan potensi anak baik dalam aspek fisik, mental, sosial, emosional dan moral. Potensi yang ditingkatkan meliputi ranah kognitif, psikomotor, dan afaktef.

Kalian tau gak sih? Meskipun sering diabaikan sebagai bentuk olahraga, nyatanya berjalan kaki membantu menambah stamina, membakar kalori berlebih, dan membuat jantung lebih sehat. Berapa banyak langkah per hari yang direkomendasikan untuk kesehatan sebenarnya? Departemen kesehatan dan layanan Amerika Serikat tidak memiliki rekomendasi seberapa banyak langkah yang harus kita lakukan per harinya. Namun, Physical Activity Guidelines Amerika Serikat merekomendasikan orang dewasa agar melakukan setidaknya 150 menit latihan per minggu dengan intensitas sedang (75 menit) dengan intensitas tinggi yang diimbangi olahraga lainnya. Berjalan sekitar 7000-8000 langkah per hari lah yang kita butuhkan.

Sebagai atlet olahraga juga harus didukung dengan pola makan yang seimbang dan variatif. Ada beberapa yang menjadi alasan pola konsumsi masyarakat indonesia yang belum memiliki pola makan yang seimbang dan variatif. Padahal, sejak kecil sudah diajarkan untuk memiliki pola makan yang sehat dan seimbang (4 sehat 5 sempurna). Namun, sebanyak 48% responden mengatakan bahwa mereka memiliki alergi sejenis makanan tertentu, sehingga mendorong mereka menerapkan suatu jenis diet khusus, yang dimana pola diet tersebut tidak memiliki pola makan yang dibutuhkan tubuh untuk menjadi sehat.

Dalam sejarah dan perkembangan olahraga di Indonesia kita bisa menarik suatu garis yang kian lama kian meningkat. Masyarakat Indonesia yang dinamis akan mengakui bahwa persekutuan hidup itu hidup dan tidak hanya mempengaruhi pikiran dan kemampuan manusia individu saja, bahkan juga mengalami pengaruh modern seperti sekarang ini. Olahraga memberikan kesempatan yang sangat baik untuk menyalurkan tenaga dengan jalan yang baik didalam lingkungan persaudaraan dan persahabatan untuk persatuan yang sehat dan suasana yang akrab dan gembira.

Dalam hal perkembangan olahraga, prestasilah yang mempunyai peranan dan merupakan faktor yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Prestasi yang kita miliki selain mengharumkan nama dan mengangkat derajat Indonesia di dunia, suatu prestasi yang tinggi oleh seorang olahragawan Indonesia dalam membangkitkan semangat, rasa bangga yang menyala-nyala dan jiwa persatuan yang sehebat - hebatnya dalam diri warga negara Indonesia. Sehingga, terbangkit kekuatan - kekuatan baru pada dirinya dan mempunyai hasrat yang benar untuk ikut di dalam gerakan keolahragaan , juga dukungan dari pemerintah sangat berperan besar dalam perolahragaan di Indonesia tanpa ada dukungan dari pemerintah para atlet akan kesulitan dalam hal prasarana dan juga kebutuhaan lainnya yang membutuhkan dukungan pemerintah.

Banyaknya asumsi masyarakat yang mengatakan bahwa “atlet itu tidak ada masa depannya dan tidak bisa dijadikan suatu pekerjaan tetap” padahal menjadi seorang atlet itu adalah salah satu cara kita untuk bisa mengabdi juga membanggakan negara indonesia di mata dunia terlebih lagi bangga dengan diri sendiri dan orang yang ada disekililing kita pun ikut bangga melihat kita menjadi seorang atlet.

Padahal menjadi atlet diindonesia sekarang bisa menjamin masa depan atlet tersebut , karena sekarang pemerintah indonesia sudah banyak ikut campur dalam memajukan olahraga indonesia contohnya bonus-bonus atlet yang mencapai angka 2 miliar rupiah bagi para atlet yang berhasil membanggakan indonesia di kanca olahraga dunia dan juga ada penawaran dari pemerintah indoensia untuk menjadi PNS (pegawai negri sipil) di indonesia penawaran ini membuat para atlet tidak pusing memikirkan masa depannya setelah menjadi atlet sehingga atlet bisa memaksimalkan potensinya dan meraih prestasi sebanyak-banyaknya.

 

Atlet bulutangkis sedang melaksanakan ujian tes masuk PNS

Tujuan saya membuat campagin ini agar atlet di indonesia bisa lebih maju lebih dengan potensi-potensi anak muda yang ada di indonesia yang tidak perlu lagi memikirkan dan memusingkan masa depannya setelah menjadi atlet di indonesia sehingga anak muda indonesia bisa memaksimalkan potensi mereka dengan semangat yang tinggi dan menghasilkan hasil yang memuaskan yaitu meraih serta mengukir prestasi sebanyak-banyaknya di perolahragaan indonesia maupun dunia agar perolahraga indonesia bisa menjadi contoh bagi perolahragaan dunia.

Salah satu cabang olahraga yang ada dan berkembang di Indonesia adalah angkat besi , Angkat berat atau lebih dikenal dengan angkat besi juga olahraga yang cukup berkontribusi dalam menyumbangkan prestasi untuk negara Indonesia. Apa yang dimaksud dengan angkat besi? Angkat besi adalah cabang olahraga yang bersaing untuk mengangkat beban berat yang di sebut barbel, yang dilakukan dengan kombinasi dari kekuatan , fleksibilitas, konsentrasi, kemampuan, displin, atletis, fitness, teknik, mental, dan kekuatan fisik.

Dalam olahraga angkat besi, ada 2 jenis angkatan yang sering dilombakan, yakni angkatan clean and jerk dan snatch. Snatch adalah jenis angkatan langsung tanpa jeda dimana atlet harus mengangkat beban dari lantai tanpa menekuk lutut sampai kedua tangan mengangkat beban (barbel) lurus di atas kepala dengan posisi berdiri sempurna beberapa detik, sampai juri membunyikan bel tanda angkatan sah. Clean and jerk adalah jenis angkatan dimana atlet harus mengangkat barbel dalam 2 tahap. Pertama, mengangkat beban dari lantai sampai batas dada dengan posisi jongkok. Setelah jeda sebentar untuk mengambil ancang - ancang. Kedua, atlet kemudian harus mengangkat barbel sampai kedua tangan lurus diatas kepala dengan posisi berdiri sempurna beberapa detik. Kedua jenis angkatan diatas bisa dilombakan satu persatu, namun bisa digabung sehingga rekor atlet adalah penjumlahan beban maksimal dari total angkatan snatch dan clean and jerk.

Olahraga angkat besi, memiliki organisasi yang menaungi dan menjadi pusat olahraga tersebut. Di Indonesia, badan yang menanungi olahraga angkat besi adalah PABBSI (Persatuan Angkat Berat Besi dan Binaraga Seluruh Indonesia). Sedangkat, badan Internasional yang menaungi olahraga angkat besi adalah IWF (International Weightlifting Federation).

Catatan prestasi yang ditorehkan atlet angkat besi adalah medali dengan perolehan 10 buah medali yaitu 5 medali perak dan 5 medali perunggu. Dan yang terbaru, 2 atlit di Indonesia yaitu Sri Wahyuni Agustiani dan Eko Yuli Irawan mendapat medali perak di olimpiade Rio de Janeiro 2016. Atlit yang pertama kalinya mencatat prestasi di Indonesia adalah Raemalisa Rumbewas di olimpiade tahun 2000.

Banyak yang beranggapan bahwa olahraga angkat besi ini sulit dilakukan dan tidak begitu menarik di kalangan masyarakat Indonesia. Padahal, berdasarkan pengalaman atlet angkat besi Indonesia, terdapat banyak sisi positif yang bisa didapatkan melalui olahraga tersebut. Misalnya saja, pada saat melakukan olahraga tersebut, awalnya memang cukup berat dan sulit, namun setelah kita berhasil mengangkat beban tersebut, ada kepuasan dalam diri kita setelah menaklukkan beban yang sebelumnya kita anggap berat dan sulit ditaklukkan. Melalui olahraga ini juga, kita dituntut untuk melatih ketenangan, konsentrasi, dan juga mental

Dampak positif lainnya yang bisa kita dapat dari olahraga angkat besi cukup jelas. Misalnya, kita otomatis mengatur pola makan dan tubuh menjadi lebih sehat. Dan apabila kita menjadi atlet angkat besi yang berprestasi di Indonesia, bukan hanya menjadi kebanggaan buat kita sendiri, melainkan juga untuk keluarga dan masyarakat Indonesia. Dengan menjadi atlet, ada jaminan buat para atlet dari negara untuk diangkat menjadi PNS dan juga bonus yang cukup besar, sekaligus bisa merubah asumsi masyarakat Indonesia tentang “Masa Depan setelah menjadi Atlet di Indonesia” sehingga muncul generasi - generasi yang memiliki potensi dalam olahraga, tanpa harus takut akan masa depannya setelah menjadi atlet di Indonesia.

Sampai kapan potensi generasi muda dipendam dan takut karna hal yang material?

 

 

Ditulis oleh Yeremia Ensa

Mahasiswa London School of Public Relations Jakarta

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});