Seseorang Single Terlalu Lama? Inilah Alasannya
Foto: Istimewa

Seseorang Single Terlalu Lama? Inilah Alasannya

Minggu, 4 Des 2016 | 06:11 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Single terlalu lama memang tidak baik. "Anda tidak memiliki kesempatan untuk merasakan sebuah kasih sayang dari lawan jenis", Itulah beberapa pikiran dari beberapa orang yang memiliki seorang teman masih berpredikat single sampai saat ini.

Banyak pikiran - pikiran bagi para penganut single yang bertahun - tahun. Terlalu betah dengan kesendirian, membuat mereka jadi terbiasa menyelesaikan masalah sendiri. Terkadang mereka menjadi kurang percaya jika mereka sudah memiliki pasangan.

Agar Anda tidak bingung mengapa teman Anda single terlalu lama, inilah beberapa alasannya seperti dikutip dari Cheatsheet , Minggu (4/12)

1. Anda memiliki tujuan menghindari yang tinggi

Bagi orang yang benar-benar tidak bisa menangani perbedaan pendapat, menjadi lajang mungkin hanya tempat yang menyenangkan mereka. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Social Psychological & Personality Science, peneliti mengevaluasi hubungan antara menjadi bahagia, atau tidak bahagia, dan berada di suatu hubungan, atau menjadi lajang. Studi ini menemukan bahwa orang lajang yang memiliki tujuan penghindaran yang tinggi, yang berarti mereka hanya ingin mencegah konflik hubungan dan perbedaan pendapat, hanya bahagia sebagai orang-orang yang berada di suatu hubungan. Di sisi lain, orang-orang yang tinggi dalam tujuan pendekatan, yang berarti mereka berusaha untuk meningkatkan hubungan kedekatan, mengalami kepuasan hidup yang lebih besar, dan sangat senang ketika mereka berada dalam suatu hubungan.

2. Anda masih lajang dalam hati

Bella DePaulo, Ph.D. menempatkan dalam Psychology Today, menjadi lajang adalah sebuah persepsi Anda tentang hal itu. Dan saat ia lebih memilih untuk menjelaskannya, seseorang menganggap dirinya tunggal. Penyebabnya tak lain ialah semacam kegagalan pribadi. Apakah kehidupan Anda termasuk hubungan romantis untuk sesekali, seseorang yang menganggap dirinya single dalam hati tidak bercita-cita untuk hidup sebagai bagian dari pasangan untuk jangka panjang.

3. Anda memiliki rasa penguasaan pribadi

Ketika seseorang memiliki rasa penguasaan pribadi, mereka cenderung mengalami emosi negatif. Ia akan pergi dengan perasaan bangga dan rasa prestasi karena dia melakukannya sendiri. Demikian pula, DePaulo mengatakan bahwa untuk single, hubungan antara penguasaan pribadi dan kebebasan dari perasaan negatif lebih kuat daripada bagi orang dalam suatu hubungan.

4. Anda sangat mandiri

Jika seseorang menjadi single untuk beberapa waktu, itu jelas mereka cenderung melakukan hal-hal sendiri. Namun, seiring berjalannya waktu dan mereka berulang kali mengambil pengambilan keputusan ke tangan mereka sendiri, mereka akan cenderung menjadi lebih percaya diri dalam melakukannya. "Bagi orang yang selalu tunggal, lebih mandiri mereka, semakin kecil kemungkinan mereka untuk mengalami emosi negatif," kata DePaulo.

5. Anda tidak suka terikat

Kebanyakan single tidak suka dengan hal - hal yang terikat. Mereka adalah orang yang mandiri, yang membuat mereka bisa mengurus diri mereka sendiri. "Beberapa orang hanya tahu mereka ingin menjadi single. Mereka menikmati kebebasan, dan mereka tidak memiliki kecemasan apapun tentang kehilangan menjadi bagian dari pasangan".

6. Anda takut Anda akan kehilangan sesuatu yang lebih baik

Mungkin Anda ragu-ragu untuk memilih pasangan jangka panjang karena Anda terus-menerus khawatir sesuatu yang lebih baik mungkin datang bersamaan. Dan bahkan tidak hanya orang yang lebih baik. Mungkin Anda khawatir berada di suatu hubungan suatu hari nanti, dan akan menghambat peluang Anda untuk promosi pekerjaan, karena Anda tahu Anda kehilangan fokus pada karir Anda setiap kali Anda berada dalam sebuah hubungan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...