Setan Tasmania Bisa Bantu Atasi Bakteri Kebal Antibiotik

Setan Tasmania Bisa Bantu Atasi Bakteri Kebal Antibiotik

Rabu, 19 Okt 2016 | 17:35 | Rike

WinNetNews.com - Peneliti Australia berhasil menemukan bahwa susu dari binatang marsupial Tasmanian devil atau setan Tasmania bisa digunakan mengatasi bakteri super atau superbug yang kebal antibiotik.

Senyawa kimiawi yang ada dalam susu binatang karnivora ini bisa membunuh bakteri paling mematikan sekalipun. Kini para ilmuwan Sydney University berusaha membuat tiruannya.

Peptid dalam susu dari setan Tasmania ditemukan bisa membunuh bakteri seperti golden staph yang kebal methicillin dan enterococcus yang kebal antibiotika keras, vancomycin. Tasmanian devil ditemukan hanya di pulau Tasmania, Australia. Namun susu dari marsupial lain, yang membawa anak mereka di kantung, pun mengandung senyawa penting.

Antibiotika diperlukan mengatasi infeksi, tapi makin tak efektif mengatasi bakteri super.Penelitian baru saja dilakukan di Inggris menemukan superbug bisa membunuh sampai 10 juta orang di dunia pada tahun 2050. Para peneliti mengkaji setan Tasmania sebab keadaan biologis mereka.Perkembangan tubuh anak yang belum baik memiliki sistem kekebalan yang belum matang sewaktu dilahirkan, tapi tetap bisa selamat tumbuh di kantung ibunya dengan penuh bakteri.

"Kami pikir ini menyebabkan penyebaran peptid pada marsupial,”ucap Emma Peel peneliti Universitas Sydney yang hasilnya diterbitkan di Nature Journal Scientific Reports dilaporkan AFP."Marsupial memiliki lebih banyak peptid dibandingkan mamalia lainnya. Pada devilkami menemukan enam, sementara manusia hanya memiliki satu jenis peptid ini," lanjutnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...