Setelah 7 Bulan, Seungri Terima Surat Perintah Penangkapan Atas Pelanggaran UU Kejahatan Seksual
Foto: Allkpop

Setelah 7 Bulan, Seungri Terima Surat Perintah Penangkapan Atas Pelanggaran UU Kejahatan Seksual

Jumat, 10 Jan 2020 | 09:41 | Nisa Diniah

Winnetnews.com - Kasus hukum yang membelit Seungri eks BIGBANG akhirnya mendapat perkembangan terbaru. Menurut laporan berbagai media Korea pada hari Jumat (10/1), Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul telah mengajukan surat perintah penangkapan baru untuk Seungri. Surat penangkapan ini terjadi 7 bulan setelah pengadilan Distrik Pusat Seoul menolak surat perintah penangkapan.

Seperti diketahui, Pengadilan Distrik Pusat Seoul, Korea Selatan, pada bulan Mei 2019 telah mengumumkan bahwa surat penahanan atas Seungri dan rekannya Yoo In Suk ditolak. Penolakan itu didasari karena lemahnya bukti-bukti yang ada. 

Hakim Shin Jong Yeol menjelaskan setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata bukti tuduhan penggelapan itu kurang kuat karena masih ada ruang untuk pembelaan. Sehingga, surat perintah penangkapan tersebut pun ditolak pengadilan.

Seungri sebelumnya dituduh menyediakan jasa prostitusi bagi investor asing, menggunakan jasa prostitusi, menggelapkan dana Burning Sun, dan melanggar Undang-Undang Sanitasi Makanan Korea Selatan. Penolakan penahanan Seungri ini bertolak belakang dengan rekannya yakni Jung Joon Young dan Choi Jong Hoon yang langsung ditahan dan kini sudah mendapat vonis hukuman penjara masing-masing 6 tahun dan 5 tahun penjara.

image0

Setelah 7 bulan berlalu, jaksa penuntut akan berusaha untuk mendakwa Seungri bersalah atas beberapa dakwaan yang dijabarkan oleh polisi di atas, serta penyerangan seksual karena menyebarkan foto-foto ilegal 3 korban perempuan, perjudian ilegal, pertukaran uang asing ilegal, permintaan layanan prostitusi untuk investor asing, dan masih banyak lagi.  Surat perintah penangkapan berisi total 7 tuntutan pidana. Pengadilan akan mengevaluasi surat perintah penangkapan Seungri terbaru pada 13 Januari 2020.

Menanggapi hal ini, banyak netizen yang tak habis pikir bagaimana dia bisa dengan mudah bebas dari tuduhan-tuduhan yang dilayangkan untuknya. Netizen pun menilai bahwa dia memiliki seseorang yang kuat di belakangnya untuk melindunginya.

"Seberapa kuat orang yang mendukungnya?," kata seorang netter .

"Aku masih tidak bisa melupakan wajahnya ketika dia tersenyum saat selesai nge-gym setelah surat perintahnya penahanannya ditolak. Aku harap jaksa benar-benar melakukan pekerjaan mereka saat ini," komentar netter lain.

"Hakim yang menolak surat perintah ini pada dasarnya akan menyatakan dirinya berada di pihak yang sama dengan Seungri," ujar netter lain.

"Penjarakan Seungri," sahut netter lain.

"Apa gunanya? Orang ini sudah didukung oleh orang yang terlalu kuat," tutur netter lain.

"Ini berita yang akan disambut baik. Tapi aku yakin pengadilan akan mengabaikannya. Kita semua tahu bahwa YG Entertainment cukup akrab dengan pengadilan," tambah yang lainnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...