Setelah Bandara Kulon Progo Berfungsi, Bagaimnana Nasib Bandara Adisucipto?

Rusmanto
Rusmanto

Setelah Bandara Kulon Progo Berfungsi, Bagaimnana Nasib Bandara Adisucipto? ilustrasi

WinNetNews.com - New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo DIY ditargetkan beroperasi mulai tahun 2019. Penerbangan komersial dari dan menuju Yogyakarta akan dilayani dari bandara tersebut. Bandara Adisutjipto akan digunakan untuk penerbangan kargo dan penerbangan khusus.

Danlanud Adisutjipto, Marsma Novyan Samyoga, mengatakan bahwa seluruh penerbangan komersial nantinya akan dipindahkan ke NYIA di Kulonprogo. Bandara Adisudjipto nantinya masih akan tetap digunakan untuk pesawat yang membawa barang dan pesawat carteran.

"Yang di Adisudjipto nanti masih tetap ada cago flight dan unscheduled flight, misal carter flight. Yang bawa badang masih bisa landing di Adisudjipto," kata Novyan Samyoga usai pertemuan dengan Sri Sultan HB X di kantor Gubernur DIY, Kamis (15/2/2018).

Rencana bahwa Bandara Adisudjipto akan dijadikan sebagai bengkel pesawat, menurut Novyan, masih sebatas wacana. Intinya, kata dia, nanti sebagian besar kegiatan akan dipindahkan ke Kulon Progo.

Pihaknya mendukung adanya pengembangan bandara baru untuk mengurangi beban di Bandara Adisudjipto yang selama ini sudah melebihi kapasitas. 

"Kapasitas normal (Bandara Adisudjipto) harusnya 1,2 juta per tahun, tetapi jumlahnya sekarang 6-7 juta (per tahun). Ini kan sudah 4 atau 5 kali lipat. Jadi timbul ketidaknyamanan," kata dia. (detikcom)

Apa Reaksi Kamu?