Setelah China, Palestina Dapat Kontribusi Empat Negara Ini
Palestina mendapat dukungan empat negara setelah China terkait Israel aneksasi Tepi Barat dan Lembah Jordan. (Foto: WHTC)

Setelah China, Palestina Dapat Kontribusi Empat Negara Ini

Rabu, 8 Jul 2020 | 13:48 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Makin panasnya situasi politik dan kemanusiaan di Palestina, Israel masih saja enggan menarik diri perihal aneksasi di wilayah Tepi Barat yang menjadi sisa perjuangan warga Palestina. Sejumlah negara pun prihatin dan mengecam Israel mencaplok Tepi Barat sebagai senjata politiknya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Hamas yang sempat berkonflik dengan Fatah akhirnya bersatu melawan niat Israel aneksasi Tepi Barat. Bahkan sikap Hamas-Fatah ini mendapat patronasi atau dukungan dari Presiden China, Xi Jinping.

Selain China, rupanya ada empat negara lain yang juga memiliki hasrat menentang inisiasi Israel yang dipimpin Perdana Menteri Benjamin Netanyahu ini. Empat negara tersebut antara lain Mesir, Prancis, Jerman, serta Yordania. Keempat negara ini menuntut Israel menarik rencana aneksasi tersebut karena diprediksi membuat jurang hubungan internasional Israel dengan sejumlah negara lain makin lebar.

"Kami sepakat bahwa setiap aneksasi wilayah Palestina yang diduduki pada tahun 1967 akan menjadi pelanggaran hukum internasional dan mengganggu fondasi proses perdamaian," kata para menteri dalam sebuah pernyataan setelah konferensi video bersama, dikutip AFP via CNBC Indonesia, Rabu (8/7).

Sebagai tanda deklarasi aneksasi ini, Israel pun menetapkan 1 Juli sebagai tanggal aneksasi. Selain Tepi Barat, Israel juga bakal mencaplok Lembah Jordan yang menjadi saksi bisu perjalan panjang negeri Timur Tengah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...