Setelah Keluar dari Kulkas, Patty Burger Wajib Dimasak! ini Alasanya

Setelah Keluar dari Kulkas, Patty Burger Wajib Dimasak! ini Alasanya

Jumat, 12 Mei 2017 | 06:30 | kontributor

winnetnews.com - Patty untuk bikin burger bisa disimpan dulu dalam lemari es. Tapi ada alasannya patty langsung dipanggang setelah keluar dari kulkas.Tentu sudah banyak yang tahu kalau daging mentah tidak boleh didiamkan di luar dalam waktu lama. Khususnya patty burger yang rentan masalah suhu.

"Faktor kunci yang perlu diperhatikan yaitu keamanan, stabilitas dan steam," ujar Jamie Schweid, Presiden dan CEO Schweid and Sons kepada CountryLiving.com. Berikut penjelasan saat menyimpan daging burger, seperti dikutip dari Delish (8/5):

1. Keamanan

Schweid mengatakan daging cincang mengandung banyak udara. Ini akan hangat lebih cepat dari steak. "Kalau burger terlalu hangat, berisiko masuknya bakteri ke burger," ujarnya. Jadi jaga suhu lebih rendah dari 4 derajat Celcius.

2. Stabilitas

Patty burger dari daging cincang termasuk sensitif. "Semakin hangat suhunya, semakin cepat lemaknya meleleh, membuat burger mulai kehilangan bentuknya. Jika mau burger terjaga bentuk patty, diamkan dalam lemari es sampai pan atau grill siap dipakai," kata Schweid.

3. Steam

Kelembaban memainkan peran besar juga, ungkap Scweid. "Ketika burger dimasak, kelembaban yang mendekati pinggir menguap lebih dulu. Burger di suhu ruang mengandung lebih banyak air untuk evaporasi yang memperlama proses searing, membuat burger jadi terlalu matang," ujarnya. Tentu orang tak ingin burger ini.

Mengenai durasi waktu mendiamkan daging mentah di luar, Schweid mengatakan tergantung suhu ruang. "Jika daging cincang didiamkan dalam tempat yang cenderung hangat, daging akan menghangat lebih cepat. Karena ini lebih sulit dikontrol, lebih baik menyimpannya dalam lemari es sampai akan digunakan," jelas Schweid.

Untuk menjaga daging burger kemasan, pastikan tetap dalam plastik kemasannya. "Membuka kemasan hanya dilakukan ketika daging siap dimasak. Sehingga tetap terjaga kesegaran dan suhunya," sebut Schweid.

Sementara patty buatan sendiri diperlakukan dengan cara lain. "Tempatkan patty di nampan yang diberi kertas roti (antilengket) dan tutup nampan dengan plastic wrap untuk memperlambat oksidasi. Ketika sudah waktunya untuk memindahkan, gunakan sebuah spatula kering untuk mengangkat patty secara perlahan dari kertas dan taruh ke pan atau grill," pungkasnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...