Setelah La Nyalla, Giliran Ridwan Kamil Buka Suara Soal Alasannya Tinggalkan Gerindra

Oky
Oky
Jumat, 12 Januari 2018 23:19 WIB
Oleh Oky pada Jumat, 12 Januari 2018 23:19 WIB
Image Setelah La Nyalla, Giliran Ridwan Kamil Buka Suara Soal Alasannya Tinggalkan Gerindra
Sumber : Istimewa

Winnetnews.com - Pemilihan Presiden (Pilpres) RI masih satu tahun lebih lagi. Tapi dua tokoh dari Jawa sudah mengungkapkan alasannya meninggalkan Partai Gerindra dan ketumnya Prabowo Subianto.

Adalah La Nyalla Mattalitti (Jawa Timur) dan Ridwan Kamil (Bandung) yang memilih berpisah dengan Gerindra dan Prabowo Subianto karena Pilkada.

Jika La Nyalla mengungkapkan kekurangan Gerindra dan Prabowo yang meminta uang Rp 40 miliar, Ridwan Kamil mengungkapkan alasannya tak lagi bersama Gerindra dan Prabowo Subianto di Pilkada Jabar 2018.

Meski meninggalkan Gerindra dan Prabowo Subianto, Ridwan justeru tak menjelek-jelekkan Prabowo dan partainya.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil ikut angkat bicara sekaligus menyatakan diri sebagai saksi terkait isu permintaan mahar di Partai Gerindra sebagai syarat rekomendasi maju pilkada yang heboh sejak kemarin.

Isu ini berasal dari pernyataan La Nyalla Mattalitti kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Pernyataan wali kota yang akrab disapa Emil itu muncul melalui akun Twitter pribadinya untuk membalas pernyataan di akun Twitter resmi Partai Gerindra yang isinya berupa bantahan atas tudingan tersebut yang me-mention akun pribadi Ridwan Kamil.

 

Dalam balasan pesan di akun pribadinya, Jumat (12/1/2018) itu, Emil membenarkan bahwa saat maju Pilwalkot Bandung, Prabowo dan Gerindra tidak meminta mahar.

"Saya bersaksi, waktu Pilwalkot Bandung, Pak Prabowo dan Gerindra tidak meminta mahar sepeser pun untuk tiket pilkada. Hatur Nuhun," kicau Emil lewat akunnya yang ditulisnya Kamis (11/1/2018).

image0

Untuk diketahui, saat Pilwalkot Bandung 2013 lalu, Ridwan Kamil berpasangan dengan Oded Muhammad Danial yang diusung dua partai, yaitu Gerindra dan PKS.

Dalam kicauannya itu, Emil juga menuliskan dirinya berpisah dengan Gerindra di Pilgub Jawa Barat 2018 ini karena tidak mampu memenuhi syarat menjadi kader partai.

Sementara itu, La Nyalla Mahmud Mattalitti, belum lama ini membeberkan alasan di balik kegagalannya maju sebagai calon gubernur di Jawa Timur.

La Nyalla Beda Lagi

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur itu memutuskan untuk tidak lagi menjadi kader Partai Gerindra.

La Nyalla mencurahkan kekesalannya kepada Ketua Umum Prabowo Subianto yang meminta uang sebesar Rp 40 miliar.

La Nyalla Mahmud Mattalitti mundur dari pencalonan Cagub Jatim 2018 setelah tidak mendapat rekomendasi dari tiga parpol (Gerindra, PAN, dan PKS) (TimesIndonesia)

La Nyalla tak memenuhinya, Prabowo kemudian disebut marah dan membatalkan pencalonan La Nyalla.

La Nyalla mendapatkan surat mandat dari Prabowo pada 11 Desember lalu. Surat mandat tersebut berlaku 10 hari dan berakhir pada 20 Desember.

Dalam surat nomor 12-0036/B/DPP-GERINDRA/ Pilkada/2017 itu dijelaskan bahwa nama La Nyalla sebagai cagub Jatim sedang diproses DPP Partai Gerindra.

Karena itu, selain diminta mencari mitra koalisi, La Nyalla juga diminta untuk menyiapkan kelengkapan pemenangan.

Salah satu kelengkapan pemenangan, ucap La Nyalla, ia sempat diminta uang Rp 40 miliar oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Uang itu digunakan untuk saksi dalam Pilkada Jatim.

Permintaan itu dilakukan saat La Nyalla melangsungkan pertemuan dengan Prabowo di Hambalang, Bogor, Sabtu (10/12/2017), bertepatan dengan Gerindra mengumumkan Mayjen (Purn) Sudrajat sebagai calon gubernur Jawa Barat.

"Saya dimintai uang Rp 40 miliar. Uang saksi disuruh serahkan tanggal 20 Desember 2017, kalau tidak bisa saya tidak akan direkomendasi," ujar La Nyalla.

"Yang minta Bapak Prabowo kok," lanjut dia.

Prabowo belum mengkonfirmasi pernyataan La Nyalla ini. Namun sejumlah elite Gerindra seperti Fadli Zon sudah membantah tegas pernyataan La Nyalla.

Cegah Cepat Lapar dengan Konsumsi Ini saat Sahur
Nasib Zidane Tergantung Final Liga Champions 2018

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.