(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Setelah Makan Daging Tubuh Berkeringat, Apakah Normal?

Muchdi
Muchdi

Setelah Makan Daging Tubuh Berkeringat, Apakah Normal? ilustrasi makan daging ( photo istimewa )

WinNetNews.com - Ketika menikmati sejumlah sate kambing atau bakso, sadarkah kamu bahwa tubuh bakal berkeringat sendiri walau tubuh tidak kepanasan? Munculnya keringat pada tubuh ini ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah.

Dikutip dari situs Merdeka dari laman Men's Health, Senin (31/12/2018),  "Keringat dari daging ini adalah reaksi fisik yang dialami beberapa orang setelah mengonsumsi secara banyak makanan yang kaya protein," jelas Verona Somarriba, koordinator nutrisi klinis untuk divisi bedah di Icahn School of Medicine, Mount Sinai.

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan tubuh menjadi berkeringat akibat masuknya protein tersebut.

"Hal ini merupakan efek turunan dari sejumlah sistem dalam tubuh yang diaktifasi dan berakhir pada munculnya keringat berlebih," jelas Somarriba.

"Makan merupakan sebuah proses kompleks yang melibatkan mulut, kelenjar liur, kerongkongan, saluran pencernaan, perut, pankreas, empedu, dan hati. Proses ini membutuhkan energi. Selain itu jenis makanan apa yang dikonsumsi juga mempengaruhi seberapa banyak energi yang dibutuhkan tubuh untuk mencernanya, proses ini dikenal dengan nama thermogenesis," sambungnya.

Protein dan alkohol membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna dibanding makanan lain. Besarnya energi ini disebabkan karena jalur metabolisme yang digunakan tubuh untuk menyerapnya.

"Mengonsumsi makanan berprotein dalam jumlah banyak meningkatkan temperatur karena tubuh harus bekerja jauh lebih keras untuk mencernanya dibanding sayur, buah, lemak, atau biji-bijian, sehingga menghasilkan keringat berlebih pada tubuh," ungkap Somarriba.

"Terjadinya hal ini bisa diibaratkan seperti berlari melawan angin. Tubuh harus bekerja lebih keras untuk bisa melakukannya," sambungnya.

Pada beberapa orang, keringat ini bakal muncul ketika tengah makan daging atau langsung setelahnya. Namun pada beberapa orang, hal ini bisa terjadi cukup lama setelah mengonsumsi daging.

"Pada beberapa orang, keringat bakal muncul langsung setelah makan, namun beberapa orang mengalami efek ini belakangan sehingga mereka bisa saja terbangun karena mandi keringat ketika tengah malam. Semakin jarang mengonsumsi makanan ini, semakin sering hal ini bakal muncul," papar Somarriba.

"Terjadinya hal ini tergantung dari beberapa faktor seperti kondisi seseorang, berat badan, kebiasaan makan (frekuensi mengonsumsi jenis makanan ini), serta faktor kesehatan lainnya," tandasnya.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});