Setelah Pembayaran di e-Samsat, Pengesahan STNK Hanya Diberi Waktu 3 Hari

Setelah Pembayaran di e-Samsat, Pengesahan STNK Hanya Diberi Waktu 3 Hari

Rabu, 13 Jul 2016 | 10:05 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bekerjasama dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah meluncurkan program e-Samsat pada 22 Juni lalu. Peluncuran itu dilakukan bersamaan dengan peringatan HUT ke-489 Kota Jakarta.

Dalam peraturan e-Samsat tersebut, masyarakat harus bergerak cepat. Pasalnya polisi hanya memberikan janga waktu bagi masyarakat yang telah melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor untuk melakukan pengesahan STNK di kantor Samsat. Jika melewati batas waktu tersebut, maka pembayaran yang telah dilakukan akan segera di blokir.

Kepala Seksi STNK Subdit Registrasi dan Identifikasi Polda Metro Jaya, Kompol Tartono mengatakan uang yang telah dibayarkan oleh masyarakat tidak akan hangus walaupun telah di blokir. Hanya saja masyarakay harus mengantri di loket khusus untuk membuka pemblokiran pembayaran akibat tealt melakukan pengesahan STNK.

Setelah dari loket khusus, masyarakat haruys menuju loket e-Samsat untuk melakukan pengesahan STNK.

Jika masyarakat tidak ingin repot mengantri di loket khusus, Tartono berpesan agar masyarakat yang telah melakukan pembayaran di ATM untuk segera melakukan pengesahan STNK di Samsat. Untuk melakukan pengesahan, masyarakat bisa di wakilkan keluarga.

Layanan e-Samsat hanya berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan untuk pajak tahunan. Sedangkan pajak kendaraan bermotor lima tahunan tidak dapat mengunakan e-Samsat.

Pembayaran denda juga tidak dapat dilakukan melalui e-Samsat, masyarakat harus datang langsung ke Samsat terdekat.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...