Setiap Bulan 1,5 Juta Gadget Samsung Dibuat di Cikarang

Rusmanto
Rusmanto

Setiap Bulan 1,5 Juta Gadget Samsung Dibuat di Cikarang
WinNetNews.com - Kapasitas produksi pabrik ponsel dan tablet PC milik Samsung Electronic Indonesia (SEIN) yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat, terus ditingkatkan. Jika dulu kapasitasnya masih 1 juta unit per bulan, kini sudah tembus di angka 1,5 juta unit.

Demikian diungkapkan KangHyun Lee, Vice President of Corporate Business & Corporate Affairs Samsung Indonesia saat dikonfirmasi detikINET, Kamis (21/1/2015).

Dipaparkan pria yang kerap disapa 'Pak Haji' ini, sejak tahun 2015 lalu, hampir semua ponsel Samsung yang dijual di Indonesia sudah dirakit di pabrik Samsung di Cikarang. Mulai dari Samsung Galaxy Grand Prime, Galaxy Note 4, Galaxy S6, Galaxy S6 Edge, Galaxy Tab S, Galaxy Tab S2, Galaxy Tab A, dan lainnya.

Pabrik ponsel dan tablet senilai Rp 260 miliar ini sejatinya belum lama dijalankan Samsung. Namun baru diresmikan pengoperasiannya pada bulan Juni 2015 lalu oleh Menteri Perindustrian Saleh Husin. Kala itu hadir pula Samsung Advisor Agum Gumelar, Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin dan petinggi dari Samsung.

Pabrik ini sekaligus perluasan dari fasilitas produksi yang dimiliki oleh perusahaan asal Korea Selatan itu. Dimana sejak tahun 1991, Samsung sudah masuk Indonesia dan memproduksi aneka produk elektronik seperti televisi, set-top box (STB), serta blu-ray player.

Kehadiran pabrik ini sekaligus sebagai jawaban Samsung untuk menaati aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk ponsel 4G yang telah ditetapkan pemerintah. Dimana per Januari 2017, TKDN ponsel 4G yang beredar di Indonesia sudah harus di angka 30%.

Samsung sendiri pada saat pendirian pabrik ponsel dan tabletnya di Cikarang pernah mengungkapkan bahwa kandungan lokal gadgetnya sudah di angka 20%. TKDN yang dimaksud adalah tingkat kandungan dalam negeri yang bisa mencakup banyak hal termasuk tenaga kerja, perangkat keras juga perangkat lunak.

"Peraturan TKDN sampai 2017 itu 30%. Jadi nanti saat diterapkan 30%, sudah siap," tutur KangHyun Lee.

disadur dari situs detik-inet

Apa Reaksi Kamu?