Setop Penerbangan Indonesia-China, Menhub Bahas Tiket di Ratas
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. [Foto: Kompas]

Setop Penerbangan Indonesia-China, Menhub Bahas Tiket di Ratas

Selasa, 4 Feb 2020 | 09:40 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Mewabahnya virus corona di sejumlah penjuru dunia semakin membuat kecemasan masyarakat meningkat. Terlebih, ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) yang sebelumnya berada di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China sudah dipulangkan dari sarang wabah virus corona.

Olegh karenanya, guna mencegah penyebaran virus corona ke Indonesia, pemerintah RI menginventarisir dampak keputusan penghentian sementara penerbangan dari  dan ke China  per hari Rabu (5/2).

Efeknya, seluruh tiket penerbangan dari dan ke China tentu kena imbasnya. Hal ini menjadi persoalan para konsumen atau pengguna jasa maskapai penerbangan dari dan ke China yang telah membeli tiket tersebut.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi karya Sumadi menyampaikan, dalam tiga hari ke depan Kemenhub akan membahasnya di rapat terbatas (ratas) terkait sejumlah hal yang berakibat pada ekonomi dari kegiatan penundaan penerbangan dari dan ke China.

Melansir CNBCIndonesia.com, Budi sudah menugaskan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Udara (Hubud) dan Ditjen Perhubungan Laut (Hubla) untuk menginventarisasi dampak penghentian penerbangan sementara dari dan ke China. Setelah itu, pihaknya akan melaporkan ke Presiden Jokowi dalam ratas soal upaya pengendalian virus corona.

"Internal kita udah suatu pembicaraan bahwa penerbangan kita seyogyanya dari tujuan lain yang dimungkinkan untuk utilisasi pesawat terbang dan juga menjaga jumlah turis itu tetap baik," katanya.

Ia menegaskan keputusan pemerintah fokus untuk melindungi warga WNI untuk tidak terjangkit dari virus corona.

Pemerintah memutuskan menghentikan seluruh penerbangan dari dan ke China mulai Rabu (5/2) sampai batas waktu yang belum ditetapkan. Hal ini sebagai respons mengantisipasi penyebaran virus corona yang sedang mewabah di China terutama Kota Wuhan.

"Saya dapat perintah bahwa penerbangan dari dan ke China, mainland China ditunda mulai Rabu 00.00 dan dilakukan dalam waktu yang belum ditetapkan," kata Menhub Budi Karya dalam konferensi pers di kantornya, Senin (3/1).

Budi mengatakan keputusan itu berdasarkan perintah langsung dari Presiden Jokowi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...