Si Biru "Blu-Jek" Kini Jadi Pesaing Baru Go-jek & Grab Bike

Si Biru "Blu-Jek" Kini Jadi Pesaing Baru Go-jek & Grab Bike

Jakarta, wingamers - Meningkatnya jumlah peminat ojek berbasis aplikasi online memunculkan ide-ide serupa untuk menciptakan ojek berbasis aplikasi online di kalagan kreatif muda Indonesia. Setelah go-jek dan grab Bike sukses meraih minat pelanggan, kini hadir ojek online baru bernama Blu-Jek.

Banyak yang menyangka bahwa Blu-Jek ada kaitannya dengan armada taksi ternama di Indonesia bermerek Blue Bird. Tapi hal ini tidaklah benar, sebab keduanya tidak ada sangkut pautnya sama sekali. Blu-Jek sendiri berasal dari kata 'blusukan' dan 'ojek'. Ini adalah perusahaan lokal yang didirikan oleh Michael Manuhutu dan Garrett Kartono. Jika Go-Jek dan Grab Bike punya atribut mirip yang berwarna hijau, Blu-Jek memilih warna biru sebagai corak 'kebangsaannya'.

Layanan pemesanan ojek berbasis aplikasi in tak ada bedanya dengan Go-Jek dan Grab Bike. Pengguna harus mengunduh aplikasi Blu-Jek dahulu untuk kemudian memilih layanan apa yang diinginkan: jasa transportasi, kurir (Blu-Pick), atau belanja (Blu-Shop) serta memesan makanan (Blu-Menu).

Meski telah resmi diperkenalkan hari ini, namun sampai saat berita ini ditulis, Kamis (17/9) aplikasi Blu-Jek baru ditemui di Android. Sedangkan saat dicek di Apple App Store ataupun Windows Phone masih belum ditemukan.

Namun pihak Blu-Jek mengaku sudah ada sekitar 10 ribu tukang ojek yang siap bergabung. Melonjak drastis dari akhir Agustus lalu yang masih di angka 3.000 pelamar.

Blu-Jek akan beroperasi di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi dengan penentuan tarif Rp 20 ribu untuk 5 kilometer pertama dan tambahan Rp 4 ribu untuk kilometer berikutnya.