Si Kecil Gak Suka Sayuran dan Buah? Ini Trik Jitunya

Ahmad Mashudin
Ahmad Mashudin

Si Kecil Gak Suka Sayuran dan Buah? Ini Trik Jitunya

WinNetNews.com - Saat anak masih berusia dini, biasakan agar anak mengonsumsi buah dan sayuran agar tubuh lebih sehat. Namun, cukup sulit memang membuat anak agar mau mengonsumsi sumber makanan tersebut. Yuk, coba beberapa tips agar si kecil suka makan sayur dan buah.

Banyak anak yang lebih menyukai makanan cepat saji. Padahal, makanan tersebut tidak baik bagi pertumbuhannya. Untuk membuat anak mau mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin dan mineral, cek beberapa tips di bawah ini.

Memiliki kebun sendiri

Sangat mudah memang untuk berbelanja ke supermarket terdekat untuk membeli sayur dan buah. Namun, hal tersebut membuat si kecil tidak mengetahui asal muasal makanan yang ia konsumsi. Dengan menanam sendiri di rumah dan berkebun sesuai tanaman yang Anda inginkan, si kecil jadi tahu dari mana makanannya berasal. Anda juga bisa memiliki waktu berkualitas bersama si kecil selagi berkebun bersama.

Buat makanan lebih menarik

Berteriak dan memaksa si kecil untuk memakan sayuran hanya akan membuatnya semakin tidak suka sayur, bahkan memuntahkannya kembali. Jadi, biasakan untuk membuat si kecil rileks terlebih dahulu. Saat anak mulai nyaman, gunakan sayur dan buah-buahan sebagai sumber permainannya. Misal, si kecil suka dinosaurus, Anda bisa bentuk sayur dan buah menjadi bentuk yang ia sukai.

Penampilan yang lucu

Saat menyediakan sepiring makan siang untuk si kecil, buat tampilan yang lucu di atas tempat makannya. Bentuk dan atur penempatan sayur sedemikian rupa sehingga membuatnya mudah untuk dimakan. Bisa juga, Anda membentuk objek yang disukainya sambil menceritakan maksud dari tampilan gambar tersebut. Misal, bentuk wortel menjadi roda sepeda dan buah apel menjadi mataharinya.

Ajak si kecil memasak

Terkadang, si kecil menolak untuk makan karena merasa terintimidasi dengan apa yang disajikan. Dengan memasak bersama, si kecil jadi memahami sumber makanannya beserta cara menghidangkannya menjadi sesuatu yang lebih menggiurkan. Biarkan si kecil bisa berkreasi dan mencicipi hasil makanannya sendiri, tidak lupa untuk mengucapkan rasa bangga atas apa yang telah ia lakukan.

Berikan pilihan makanan

Anak-anak sangat menyukai kejutan. Anda bisa mencoba untuk menawarkannya pilihan untuk menu yang ingin ia makan besok. Dengan membuatnya memilih dan memutuskan sendiri, ia akan lebih bertanggung jawab dengan apa yang telah ia pilih. Selain itu, si kecil juga diajarkan menjadi lebih mandiri. 

Apa Reaksi Kamu?