Siap Jalani New Normal, Inggris Cabut Aturan Wajib Masker dan Jaga Jarak

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 5 bulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Siap Jalani New Normal, Inggris Cabut Aturan Wajib Masker dan Jaga Jarak
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson (Foto: Reuters)

Winnetnews.com - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengungkapkan rencana untuk mulai menerapkan normal baru di tengah pandemi Covid-19 dengan menghapus aturan wajib memakai masker dan menjaga jarak mulai 19 Juli 2021 mendatang.

Nantinya, penggunaan masker tak menadi kewajiban, melainkan sebatas sukarela. Selain itu, pemerintah tak lagi  mewajibkan masyarakat untuk bekerja dari rumah.

Seluruh sektor usaha juga akan kembali diperbolehkan beroperasi, termasuk klub malam, serta tidak ada kewajiban menunjukkan hasil tes maupun bukti vaksin untuk masuk. 

"Jika kita tidak membuka aktivitas masyarakat dalam beberapa minggu ke depan, kita harus bertanya kepada diri sendiri kapan kita kembali ke masa normal," kata Johnson dalam sebuah konferensi pers.

“Kami mencoba untuk beralih dari sistem aturan pemerintah yang sangat rumit, ke sistem di mana kami mengandalkan orang untuk menjalankan tanggung jawab pribadi,” katanya.

Meski begitu, Johnson tak menutup kemungkinan untuk kembali melakukan pengetatan jika terjadi lonjakan kasus. "Jelas kita harus mengambil langkah apa pun yang perlu dilakukan untuk melindungi masyarakat," kata Johnson.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...