(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Siapa Saja 3 Penantang Ahok?

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Siapa Saja 3 Penantang Ahok?

 

Wingamers.com - Pemilu Gubernur DKI Jakarta masih dua tahun lagi, namun para penantang petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sudah bermunculan. Lalu siapa saja 3 penantang Ahok itu?

Adhyaksa Dault

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendeklarasikan diri maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta di Kartika Chandra, Jakarta Selatan hari Minggu lalu. Walau belum "resmi" namun sepertinya Adhyaksa akan didukung Golkar, Hanura dan PKS, ditandai dengan hadirnya petinggi partai politik tersebut di acara deklarasi.

Sandiaga Uno

Grafis Sandiaga Uno untuk DKI 1 sudah beredar di sosial media. Pengusaha sukses ini belum diketahui didukung partai politik apa.

Marco Kusumawijaya

Namanya memang tidak setenar Adhyaksa atau Sandiaga Uno, namun Marco adalah mantan Ketua Dewan Kesenian Jakarta. Dari akun media sosial Facebook-nya, Marco Kusumawijaya menjelaskan niatnya untuk maju menantang Ahok. Belum diketahui parpol mana yang akan mendukung Marco.

Baca juga: Benarkah Ciliwung Sudah Bersih?

Ahok sendiri diperkirakan akan maju untuk dipilih ulang tahun 2017 dan memiliki jaringan "Kawan Ahok" untuk antisipasi jika maju dari jalur independen. Secara de jure Ahok sudah keluar dari Partai Gerindra sehingga Ahok saat ini tak berpartai. Namun bukan tidak mungkin mantan anggota DPR-RI ini akan mendapat dukungan parpol. Mereka yang menantang Ahok di pemilu gubernur diperkirakan akan masih bertambah. Konstelasi politik yang cair memungkinkan semua terjadi.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});