Siapa Sebenarnya Ibu yang Selfie Ini?

Siapa Sebenarnya Ibu yang Selfie Ini?

Selasa, 19 Jan 2016 | 14:56 | kontri
WinNetNews.com - Rentetan bom di kawasan Thamrin Jakarta mengguncang siang tanggal 14 Januari 2016. Tidak hanya enam bom saja, tetapi ada aksi baku tembak antara aparat kepolisian dan teroris.

Tercatat tujuh orang meninggal pada aksi kejam tersebut, belasan lainnya luka-luka. Suasana menegangkan itu terjadi sekitar empat jam.

Secara garis besar, rentetan aksi teror itu terbagi menjadi tiga bagian. Bom pertama meletus di pos polisi. Kemudian ada dua orang yang membabi buta di tengah jalan dan selanjutnya aksi bom di dalam kafe dekat pos polisi.

Antara bom pertama dengan aksi teror ke dua memiliki jeda waktu yang cukup lama. Sesaat setelah ledakan pos polisi, warga langsung berkumpul untuk melihat jenasah yang terkapar di tanah. Saat itu ada tiga korban yang nampak tergeletak di pinggir pos polisi.

Warga yang berkumpul banyak yang mengambil foto, wartawan juga sudah banyak yang berada dilokasi untuk mengabadikan kondisi yang ada. Tidak hanya foto-foto korban, ada juga beberapa warga yang sengaja selfie saat itu. Mereka tidak sadar bahwa kawanan teroris masih disekitar itu untuk melaksanakan serangan kedua.

Saat dua teroris yang tiba-tiba mengamuk di belakang kerumunan, kontan warga berhamburan menyelamatkan diri. Teroris itu menembak membabi buta. Saat itu warga langsung berlarian menyelamatkan diri, namun polisi sudah banyak dilkasi, maka aksi tembak menembak tak terhindarkan.

 

Kondisi sudah banyak warga serta polisi dan juga wartawan membuat aksi kedua tersebut banyak tertangkap kamera. Video penembakan serta aksi bom bunuh diri banayk menyebar di media sosial, karena memang saat itu sudah banyak yang sadar bahwa ada sebuah kejadian teror dan mereka rata-rata telah siap dengan handphonenya untuk memotret atau merekam video.

Hal paling menarik adalah adanya sebuah foto seorang ibu berjibab sedang bersiap selfie dengan latar belakang teroris yang sedang mengokang senjata.

Foto tersebut menghebohkan banyak netizen, bahkan ada yang mencerca ibu tersebut karena dianggap tidak peka dengan keadaan. Dalam kondisi genting masih sempat-sempatnya melakukan selfie.

Akan tetapi tidak seberapa lama rahasia foto tersebut terkuak. Foto tersebut adalah hasil editan alias hoax. Ibu berjilbab tersebut diambil dari foto lain, bukan pada saat kejadian bom thamrin.

image0

Hal ini memberikan kita pelajaran agar hati-hati dalam berkomentar. Semua yang ada di internet tidak selamanya benar, ada beberapa yang sebenarnya hasil rekayasa. Kasihan ibu tersebut yang akhirnya dibully, padahal dia tidak mengerti apa-apa.

(dilansir dari suratkabar)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...