Siapa yang Meledakan Mesjid di Mosul? ISIS atau AS?
Foto: CNN

Siapa yang Meledakan Mesjid di Mosul? ISIS atau AS?

Kamis, 22 Jun 2017 | 08:57 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Amerika Serikat dan Irak mengatakan bahwa ISIS telah meledakkan sebuah masjid bersejarah di Mosul. Mesjid tersebut merupakan jantung ideologis kelompok teror dan tempat kelahiran khalifah yang dinyatakan sendiri.

Namun pernyataanISIS berbeda dengan AS. Melalui kantor beritanya, ISISmengatakan bahwa pesawat tempur AS bertanggung jawab atas kerugian yang terjadi pada akhir Rabu dari Masjid Agung al-Nuri dan menara penampungannya.

Pejabat AS mengatakan kepada CNN bahwa seluruh pernyataan ISIS 1000% salah.

Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi mengatakan bahwa tindakan ISIS merupakan sebuah pengumuman resmi tentang kekalahan mereka.

Sulit untuk melebih-lebihkan simbolisme masjid Kota Tua yang telah menyaksikan pertempuran sengit antara gerilyawan ISIS dan pasukan koalisi yang bertekad untuk membebaskan kota terbesar kedua di negara itu.

Selama bertahun-tahun, bendera hitam dan putih kelompok militan itu berkibar dari menara, yang telah naik di atas kota selama 800 tahun. Sekarang situs tersebut sebagian besar telah dirusak menjadi puing-puing.

Pada tanggal 4 Juli 2014, pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi memimpin shalat Jumat di masjid. Menggunakan serban dan jubah hitam, klerus tersebut mengumumkan pendirian khilafah baru dan meminta rekan Sunni untuk melakukan perang suci.

Ini adalah yang pertama dan terakhir kalinya pemimpin kelompok teroris tersebut berbicara secara terbuka kepada para pengikutnya.

Armin Damon dari CNN mengatakan bahwa deklarasi Baghdadi secara efektif menghancurkan perbatasan antara Suriah dan Irak, menciptakan magnet bagi pejuang asing yang ingin bergabung dengan ISIS.

Kompleks Islam sangat dipikirkan oleh pasukan Irak, yang percaya bahwa menguasai masjid akan menjadi kemenangan simbolis. Polisi federal awal tahun ini mengatakan bahwa mereka menantikan sholat al-Nuri, namun perlawanan terus berlanjut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...