Siapakah Hewan Yang Dapat Juara Tidur?

Siapakah Hewan Yang Dapat Juara Tidur?

Selasa, 4 Okt 2016 | 19:00 | Rike

WinNetNews.com - Tidur merupakan salah satu kebutuhan setiap mahluk hidup, tak hanya manusia hewan pun tidur. Tapi siapa hewan yang memegang juaranya?

Hewan tidur berbeda dengan cara yang digunakan manusia. Manusia mengenal ide tidur adalah suatu keadaan pasif, sewaktu seekor hewan tak bergerak banyak dan otot menjadi rileks, itu bukanlah aturan yang ketat dan bebas:contohnya saja beberapa burung-burung yang mengantuk tetap bisa terbang, tidur mengunakan setengah otak mereka.

Direktur Pusat Penelitian Tidur di UCLA California AS Dr Jerome Siegel mengatakan, “Tidur merupakan sebuah cara yang digunakan hewan agar lebih efesien.”

Beberapa binatang tidur lebih lama ketimbang yang lain, juga Siegel menyebut hal ini sebagian besar bergantung waktu yang mereka habiskan ketika melakukan makan. “Hewan-hewan yang mengkonsumsi makanan dengan kepadatan kalori rendah, tak banyak tidur, meskipun tidur dapat disesuaikan dengan kebutuhan binatang,” tambahnya.

Keseluruhan, herbivora disebut memiliki waktu tidur lebih sedikit ketimbang karnivora, sebab mereka butuh waktu lebih banyak dalam menguyah guna memperoleh energi dari makanan mereka.

Hal ini berlaku untuk pemakan tumbuhan yang miliki ukuran yang lebih besar seperti Jerapah.Di tahun 1970an, ilmuwan telah mengamati jerapah yang hidup di alam liar, mereka hanya tidur nyenyak lima sampai 30 menit dalam satu hari.

Tanpa tidur juga dapat terjadi dikarenakan adanya mekanisme pertahanan. Dr John Lesku dari Universitas La Trobe di Melbourne, Australia menjelaskan,"Mengurangi tidur oleh hewan-hewan yang rentan kemungkinan merupakan adaptasi mereka untuk meningkatkan kewaspadaan mereka terhadap predator."

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...