(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Sibuk dan Malas, Bukan Lagi Penghalang Hidup Sehat

Oky
Oky

Sibuk dan Malas, Bukan Lagi Penghalang Hidup Sehat Sumber Foto : Istimewa

Winnetnews.com - Kota yang aktif tentu memiliki penduduk yang aktif. Penduduk kota dapat kita sebut sebagai kaum urban karena memiliki karakteristik yang berbeda dengan penduduk desa. Karakteristik kaum urban bertolak belakang dengan penduduk desa, contohnya adalah pola pikir dan pola hidup antara kaum urban dengan masyarakat desa.

Kota Jakarta menjadi salah satu kota yang aktif. Kota yang aktif tentunya harus memiliki penduduk yang aktif dalam hal apapun, terutama pada pola hidup kaum urban di Kota Jakarta. Kaum urban memiliki aktivitas yang padat dan sibuk, sehingga untuk menjaga kesehatan tubuhnya masih kurang diperhatikan, padahal hal utama yang harus dijaga pada setiap manusia adalah kesehatan tubuh mereka masing-masing, agar dalam melakukan aktivitas setiap harinya akan lebih mudah dan tetap fit.

Kesadaran setiap manusia akan kesehatan tubuh mereka berbeda-beda, ada yang sudah dididik sejak kecil oleh orang tua mereka dan ada pula yang membiarkan tubuhnya saja tanpa menyadari apakah sehat untuk tubuh atau tidak. Bahkan dengan menjaga kesehatan, kita akan berdampak yang baik dan positif pada psikis setiap tubuh manusia.

Dalam menjalankan pola hidup sehat pastinya sangat sulit dilakukan, bahkan untuk dipikirkannya saja sudah beban, dengan berpikir seperti itu kita sudah meragukan usaha untuk memulai hidup sehat. Khususnya kaum urban, yang memiliki satu alasan utama dan hampir seluruh kaum urban mengalaminya yaitu kurangnya waktu untuk olahraga karena sibuk.

Masih banyak kaum urban yang belum menyadari bahwa dengan memulai pola hidup sehat akan bedampak kepada psikis setiap manusia dengan berpikir positif, bahkan dapat memudahkan kita dalam menjalani kegiatan sehari-hari seperti tidak mudah lelah saat belajar maupun bekerja. Dampak dari kurang menjaga pola hidup sehat ini dikalangan kaum urban belum terlihat dan banyak kaum urban masih nyaman dengan pola hidup yang dilakukannya sekarang.

Tentunya setiap manusia memiliki alasan mengapa belum memulai pola hidup sehat dan aktif. Menurut hasil survey yang dilakukan terdapat faktor penyebab 20 dari 35 responden belum memulai pola hidup sehat dan aktif, berikut alasan yang tertera:

  1. Pengaturan waktu yang kurang

    Bagi kaum urban waktu sangat berharga, karena ingin digunakan dengan istirahat bahkan berolahraga, tetapi karena kesibukannya di lingkungan sekitarnya (kantor, kampus, sekolah, dan lain-lain) bahkan harus lembur, sehingga meluangkan waktu untuk berolahraga sulit.
  2. Malas

    Merasa waktu yang didapat sangat kurang, belum tentu tubuhya juga sehat sehingga menyebabkan psikis seseorang menjadi malas dan tidak ingin melakukan aktivitas apapun, karena sudah merasa lelah. Malas menjadi salah satu alasan terbesar, karena kondisi tubuh pun sudah menolak untuk melakukan aktivitas apapun, sehingga hanya istirahatlah yang bisa dilakukan.
  3. Pola makan dan tidur tidak teratur

    Dari kedua hal diatas tadi dapat digabungkan, bahwa dengan waktu yang kurang maka waktu untuk istirahat pun belum tentu maksimal sehingga menyebabkan seseorang menjadi tidak semangat menjalani hari-hari itu dan saat jam istirahat, belum tentu digunakan untuk makan dahulu tetapi mencoba tidur sehingga waktu untuk makannya telat. Akhirnya jika sudah lapar, sebagian besar kaum urban langsung memesan makanan cepat saji karena praktis, seharusnya makanan cepat saji yang dihindari.

Pola seperti ini sudah sering ditemukan di lingkungan sekitar kita, tak hanya pegawai kantoran, tetapi mahasiswa bahkan siswa pun juga mengalami proses seperti ini jika adanya tugas dan aktivitas yang padat.

Di zaman sekarang dengan berkembangnya ilmu teknologi dan informasi dapat memudahkan kaum urban untuk mencari refrensi bahkan bantuan yang medukung pola hidup sehat pada kaum urban, contohnya seperti aplikasi, video olahraga, blog, dan lainnya. Selain melalui aplikasi, sudah banyak komunitas-komunitas yang turut berpartisipasi untuk menjaga pola hidup sehat.

Faktor yang mempengaruhi kaum urban tak hanya kurangnya waktu dan malas, tetapi teknologi dapat menjadi penyebabnya juga. Teknologi yang canggih seperti handphone, tablet, laptop, computer, dan lainnya dapat mempengaruhi manusia agar tetap fokus pada gadget tersebut, sehingga dapat membuat diri kita menjadi malas dan cepat lelah. Dengan meluangkan waktu tanpa gadget ternyata dapat menjadi salah satu upaya kita untuk memulai pola hidup sehat.

Menurut Kotler, pola hidup sehat yaitu gambaran dari aktivitas atau kegiatan yang di dukung oleh minat, keinginan dan bagaimana pikiran menjalaninya dalam berinteraksi dengan linkungan. Tentunya terhadap hal-hal baik.

Menurut Depkes RI tahun 1997, gaya hidup sehat adalah segala upaya untuk menerapkan kebiasaan yang baik dalam menciptakan hidup yang sehat dan menghindari kebiasaan yang buruk yang dapat mengganggu kesehatan. Menurut Depkes RI tahun 2002 indikator gaya hidup sehat antara lain: perilaku tidak merokok, pola makan sehat dan seimbang dan aktivitas fisik yang teratur.

Para ahli juga mengatakan bahwa pola hidup sehat adalah menjaga dan mengontrol bentuk makanan yang dikonsumsi seperti jumlah kalorinya, jenis makanannya agar sesuai dengan kebutuhan kalori dan juga menjauhi alkohol dan asap rokok.

Asupan yang masuk dalam tubuh setiap manusia sangat berpengaruh pada pola hidup sehat. Dengan itu, apakah makanan yang setiap hari masuk kedalam tubuh kita itu sehat? Tentu setiap makanan berfungsi untuk memberi kita tenaga dan gizi pada tubuh kita, tetapi jika makanan yang masuk dalam tubuh kurang sehat maka akan memicu penyakit. Jadi penting bagi kita untuk memilih makanan yang masuk pada tubuh.

Pola hidup sehat dan aktif dapat diartikan apabila kegiatan dalam menjaga kesehatan tersebut dilakukan secara rutin, sehingga tubuh kita sudah terbiasa dengan hal-hal yang positif. Bayak hal-hal sederhana yang dapat kaum urban lakukan setiap harinya. Dokter umum, dr. Joshua Christian Suyanto menyarankan aktif dengan rutin olahraga minimal 5 kali dalam seminggu dengan durasi masing-masing 30 sampai 40 menit dan juga mengurangi makanan cepat saji, jika rutin dilakukan maka akan meningkatkan imunitas tubuh dan menurunkan stress pada tubuh manusia.

Menjaga kesehatan itu sangat penting untuk mendukung produktivitas tubuh kita, kerja pun itu penting namun harus diseimbangkan dengan hal lain seperti istirahat, pola makan teratur, dan refreshing. Tujuan Pola hidup sehat dan aktif adalah mengajak bukan memaksa, agar dengan melakukan hal sederhana akan memberikan dampak yang baik untuk tubuh.

Pola hidup sehat dapat kita terapkan sejak kecil dan tidak ada kata terlambat untuk memulai hidup sehat karena harus mencoba perlahan-lahan untuk memulai hidup sehat. Jika sudah diterapkan sejak kecil maka akan mudah saat dewasa kelak untuk membantu si kecil menjadi lebih sehat. Aktivitas yang dilakukan tak harus dengan beban yang berat tetapi memulai dari hal kecil yang dapat berdampak besar yaitu mencuci tangan sebelum makan, walaupun terlihat sederhana dan banyak orang meremehkan hal ini, maka sebaliknya harus dilakukan setiap saat sebelum makan.

Pola hidup sehat memiliki sangat banyak manfaat, seperti membantu menghindari kelebihan berat badan, memperbaiki suasana hati, mencegah terjadinya beragam penyakit, serta dapat meningkatkan energi. Gaya hidup seseorang dipengaruhi oleh aktivitas sehari-hari, pekerjaan, serta makanan. Merokok, sering mengonsumsi makanan cepat saji, serta tidur terlalu malam adalah pola hidup yang tidak sehat. Jika tetap dilakukan, maka bisa merugikan kesehatan.

Oleh karena itu, terdapat beberapa cara yang dapat mendukung kaum urban agar mudah menerapkan pola hidup sehat dan aktif selain berolahraga, tetapi pola hidup ini membutuhkan komitmen dalam jangka panjang, agar kebiasaan sehari-hari dapat menjadi rangkaian pola hidup sehat, berikut cara yang dapat diterapkan:

  1. Mengetahui kondisi kesehatan tubuh

    Setiap manusia tentunya memilki titik lemah pada tubuh dan yang bisa mengetahui titik lemah itu adalah diri kita sendiri. Setidaknya kita menyadari titik lemah itu dan gunakan waktu untuk beristirahat, apapun kondisinya sebaiknya jangan dipaksakan.
  2. Mengevaluasi aktivitas yang dilakukan

    Kebiasaan kaum urban saat ini didominasi dengan bermain gadget yang dilakukan sepanjang hari dan kurangnya bergerak aktif, apakah kebiasaan ini baik untuk hidup sehta? Para ahli merekomendasikan agar berolahraga denan durasi total minimal 150 menit setiap minggu dan juga bergerak aktif untuk mengencangkan otot. Selain berolahraga, ada beberapa cara sederhana atau olahraga ringan yang biasa dilakukan kaum urban sehari-hari untuk membantu hidup sehat, sebagai berikut:

    A. Jalan cepat/jalan kaki

    Jalan kaki memang kelihatannya sederhana tapi ternyata punya manfaat untuk kesehatan. Dengan cara ini kita bisa melatih diri kita ketika sedang belanja di mall, mengejar bus, menuju kantor, dan lain-lain, sebab  berjalan kaki memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko penyakit jantung, dan menguatkan tulang.

    B. Naik tangga

    Walaupun ada lift atau escalator apa salahnya jika kita menggunakan tangga untuk membantu kesehatan tubuh kita. Dengan menaiki tangga sama saja kita melakukan olahraga ringan. Menaiki tangga akan semakin menyenangkan sambil mendengarkan musik favorit. Hal ini akan bermanfaat untuk membangkitkan mood baik. Olahraga ringan ini bisa kamu lakukan ketika sedang istirahat.

    C. Bersih-bersih

    Bagi ibu rumah tangga bersih-bersih rumah sudah menjadi kebiasaan, tetapi bagi kaum urban untuk bersih-bersih adalah hal yang sulit juga. Selain rumah kita juga harus membersihkan tempat kerja yang kita tempati, karena dengan memiiliki lingkungan yang bersih bisa memberikan dampak positif bagi mental seseorang karena dapat meningkatkan semangat dan mood yang baik.

    D. Overhead Stretch

    Olahraga ringan ini dapat kita lakukan di tempat tidur, dengan cara tidur terlentang dengan kaki lurus, luruskan tangan ke atas sambil menggenggam bantal. Setelah itu pelan-pelan tarik badan ke atas, tarik tangan ke atas, kemudian tarik badanmu pelan-pelan, lakukan kegiatan ini dalam waktu 5 menit. Dengan begitu, kamu akan segar untuk bangun dan tentunya menjadikan moodmu semakin baik.

    Dilihat dari sisi piramida fisik bahwa aktivitas sederhana tersebut memiliki level-level tersendiri, diantaranya sebagai berikut:



    - Aktivitas fisik Level 1 berguna untuk ketahanan atau endurance pada level 2
    Aktivitas yang dapat dilakukan pada level ini adalah berjalan cepat, menggunakan tangga, berkebun, bermain, bersih-bersih. Pada aktivitas fisik level 2 menjalankan latihan dalam waktu yang lebih lama selama minimal 20 menit.
    - Aktivitas fisik level 3 untuk kelenturan, membantu mempertahankan kekuatan otot, menjaga bentuk tubuh, dan menguatkan tulang.
    Aktivitas fisik level 3 dapat dilakukan dengan melakukan peregangan senam lantai, yoga, push up, sit up, dan latihan fisik lainnya.
    - Aktivitas fisik level 4 adalah yang sangat harus dikurangi. Seperti menonton film atau televisi, main HP sambil tiduran, dan kegiatan lainya yang minim gerakan. Jika terus dilakukan maka akan menyebabkan obesitas.
  3. Menjaga hubungan sosial yang baik

    Tak hanya harus kegiatan fisik yang membantu hidup sehat, tetapi dengan menjaga kembali hubungan sosial kita antara rekan kerja dan keluarga, dapat berdampak kepada kesehatan bagi mental. Maka bersosialisasilah orang-orang dan lingkungan yang dapat membuat nyaman serta bahagia, agar mental kita juga dapat berkembang.
  4. Berhenti melakukan kebiasaan buruk yang membahayakan kesehatan

    Pertimbangkan untuk berhenti merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol, terutama bagi yang berisiko atau sudah menderita penyakit diabetes, depresi, artritis, atau penyakit jantung.
  5. Mengonsumsi makanan sehat dan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh

    Dengan menjaga gizi yang masuk ke dalam tubuh dapat mengonsumsi sayuran dan buah-buahan secara teratur, bahkan dengan mengolah makanan sendiri jauh lebih baik. Tentunya perlu diseimbangkan dengan cairan yang masuk dalam tubuh dengan meminum air mineral setidaknya 6-8 gelas per hari.
  6. Mengurangi stress

    Stress adalah hal yang tidak bisa dihindarkan karena stress terjadi pada mental manusia, bisa terjadi di lingkungan kerja, sekolah, keluarga, dan sekitarnya. Dengan medengarkan musik, mencari hl-hal yang positif, melihat pemandangan, refreshing dapat mengurangi stress yang kita alami.
  7. Istirahat yang cukup

    Sudah banyak kaum urban yang begadang karena pekerjaan mereka, tetapi itu bukanlah hal yang baik untuk dilakukan terus menerus. Menurut hasil penelitian bahwa bekerja berlebihan itu tidak baik, karena dapat memicu penyakit. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan pada dasarnya setiap manusia membutuhkan tidur setidaknya 7-8 jam per harinya untuk dapat kerja maksimal dan juga menyeimbangi pola makan yang sehat.

Pola hidup sehat harus didasari dari kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan menjauhkan diri dari kebiasaan buruk yang mengundang beragam jenis penyakit. Menjadikan pola hidup sehat sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari dapat mendatangkan manfaat jangka panjang untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, pola hidup sehat dan aktif memiliki banyak manfaat yang perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

  1. Pikiran lebih sehat dan menaikan mood

    Jika terlalu banyak pikiran dan tekanan yang bersarang di otak, maka tubuh akan terjadi penurunan daya tahan tubuh. Maka suasana hati sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Jika tubuh kita terasa baik, maka suasana di lingkungan kita akan terasa nyaman dan semangat untuk melakukan aktivitas.
  2. Energi dan stamina bertambah

    Pola hidup sehat mendorong kita untuk aktif bergerak. Selain itu, olahraga juga akan membuat kekuatan fisik lebih kuat dan sehat. Menurut laporan dari Science Daily, melakukan olahraga 30 menit setiap hari dapat membantu meningkatkan stamina yang ada dalam tubuh hingga 20%.
  3. Mencegah penyakit

    Olahraga yang dilakukan selama 30 menit per hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh lebih baik. Belum lagi pemilihan menu makan yang sehat dan kaya nutrisi dapat semakin menguatkan imunitas tubuh.
  4. Membuat kulit lebih muda

    Pola makan sehat mengutamakan asupan sayuran dan buah yang lebih banyak. Makanan ini merupakan sumber serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melancarkan proses pencernaan. Tidak sampai disitu saja, buah-buahan dan sayuran juga kaya vitamin yang amat baik untuk kesehatan kulit. 

Ternyata dalam kehidupan sehari-hari menjalankan aktifitas sederhana sudah bisa disebut pola hidup yang aktif, seperti jalan kaki, menaiki tangga, dan kegiatan kecil lainnya yang tanpa kita sadari bahwa itulah yang dapat membantu kita untuk berpola hidup sehat dan aktif.

Manfaat yang kita dapatkan juga lebih banyak dan bermanfaat untuk dimasa yang akan datang. Tak salah jika kita memulai hal yang baik diawal agar ketika sudah lanjut usia, kita tetap sehat dan bugar. Karena kesehatan itu mahal dan jika ingin penyakit itu gampang dan murah.

Mulai dari sekarang mari kita terapkan pola hidup sehat dan aktif pada kaum urban untuk menjadi kaum yang aktif dan sehat sehingga bisa memberikan dampak yang baik dan positif bagi lingkungan sekitar kita. Dengan menjaga pola makan yang teratur, istirahat yang cukup, luangkan waktu untuk berolahraga, gunakan waktu mu untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, dan mengurangi penggunaan sosial media, agar kita mendapatkan balasan yang baik untuk diri kita sendiri.

Buatlah hidup kita menjadi produktif untuk menjaga tubuh kita, bertanggung jawab, peduli terhadap diri sendiri dan kesehatan diri kita, lawan kemalasan kita, rubah pola pikir kita bahwa menjalani pola hidup sehat itu mudah selama kita mau berusaha, dan coba mulai dari diri sendiri lalu sebarkan energi positif itu ke lingkungan sekitar kita.

 

Ditulis oleh Amira Sherihan

Mahasiswa London School of Public Relations Jakarta

Jurusan Public Relations

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});