Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadhan akan Dilaksanakan Jumat Besok

Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadhan akan Dilaksanakan Jumat Besok

Rabu, 24 Mei 2017 | 17:02 | kontributor

winnetnews.com - Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat penentuan jatuhnya 1 Ramadhan 1438 Hijriah pada Jumat 26 Mei 2017 mendatang. Jika hilal tak terlihat, lanjut Lukman, sebagaimana kelaziman yang berlaku, maka Ramadan akan digenapkan menjadi 30 hari. Lukman melanjutkan, seperti sidang isbat tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Agama akan menyebar petugas pemantau hilal di sejumlah titik di Indonesia.

Sidang isbat akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Proses sidang akan dimulai pukul 17.00 WIB, diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1438H. Adapun proses sidang itsbatnya, dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan dan dilakukan secara tertutup.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...