Sidang Isbat Penentuan Hari Raya Idul Fitri Dilangsungkan Sore Ini
Foto: nu.or.id

Sidang Isbat Penentuan Hari Raya Idul Fitri Dilangsungkan Sore Ini

Senin, 3 Jun 2019 | 12:00 | Daniel

Winnetnews.com -  Sidang Isbat untuk menentukan jatuhnya Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah bakal digelar pada sore hari ini, Senin (3/6). Lokasi sidang bakal dilangsungkan di Kantor Kementrian Agama di Jakarta Pusat.

Rencananya penentuan jatuhnya Hari Raya Idul Fitri dilakukan sebelum waktu Shalat Maghrib. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan memimpin sidang tersebut, diikuti oleh para ulama, tokoh organisasi kemasyarakatan Islam, pakar astronomi, dan delegasi negara sahabat.

“Sidang Isbat awal Syawal akan dilaksanakan pada Senin 3 Jni 2019 di Auditorium HM. Rasjidi, Kementrian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta,” ujar Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin.

“Sidang isbat wujud kebersamaan Kemenag dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam menetapkan awal bulan qamariyah, terutama Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah,” lanjutnya.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Agus Salim, mengatatakan Sidang Isbat nanti akan diawali degan penjelasan mengenai posisi hilal berdasarkan data oleh pakar astronomi. “Laporan itu akan dijadikan dasar pengambilan keputusan penetapan 1 Syawal,” ujar Agus.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...