Sidang Kasus e-KTP Setya Novanto Akan Dilanjutkan Hari Ini

Rusmanto
Senin, 19 Februari 2018 07:20 WIB
Oleh Rusmanto pada Senin, 19 Februari 2018 07:20 WIB
Image Sidang Kasus e-KTP Setya Novanto Akan Dilanjutkan Hari Ini
ilustrasi

WinNetNews.com - Mantan Ketua DPR Setya Novanto akan menjalani sidang lanjutan perkara korupsi e-KTP hari ini. Agenda persidangan ialah mendengarkan keterangan saksi-saksi dari jaksa penuntut umum.

"Iya benar (sidang lanjutan digelar hari ini)," kata pengacara Novanto, Firman Wijaya, Senin (19/2/2018).

Terkait dengan siapa saksi yang akan dihadirkan pihak KPK, Firman mengaku belum tahu. Ia menyebut hal itu SOP dari jaksa.

"Seperti biasa, SOP KPK. Jadi kita belum tahu," ujarnya.

Sebelumnya, pada persidangan, Kamis (15/2) kemarin, jaksa menyatakan ada indikasi awal soal pencucian uang dalam kasus e-KTP. Hal itu diungkapkan jaksa setelah mendengar kesaksian dari kurir Novanto, Abdullah soal pencairan deposito milik Novanto, namun malah masuk ke rekening sekretarisnya, Kartika Wulansari.

"Kalau logika akal sehat saya, yang suruh cairin Pak Novanto, saya akan kembalikan ke Pak Nov. Kemudian kenapa uangnya ke Mbak Wulan?" tanya jaksa ke Abdullah yang menjadi saksi saat itu.

"Mungkin untuk pengeluaran yang lainnya," jawab Abdullah.

"Gitu ya. Keterangan saudara ini menambah daftar panjang mutar-mutar duit di persidangan ini. Saya kok mencium bau-bau pencucian uang," ujar jaksa.

Usai persidangan, pengacara Novanto, Maqdir Ismail menyebut pernyataan jaksa soal pencucian uang itu spekulatif. Menurut Maqdir, belum ada bukti uang yang dimiliki Novanto hasil dari tindak pidana.

"Bisa saja JPU berpendapat begitu. Tapi jangan lupa pencucian uang itu harus jelas ada predikat crime-nya. Sekarang ini predikat crime-nya adalah proyek e-KTP. Kita tanya tadi 3 saksi tidak tahu dan tidak ada hubungan dengan Pak Novanto," ujarnya.

"Saya nggak mengerti apa hubungan uang Pak Novanto deposito dengan keterangan saksi-saksi tadi hingga ada aroma TPPU-nya. Saya kira itu spekulatif," pungkas Maqdir. (detikcom)

Cara Move On dari Mantan Pacar
Rizal Ramli Klaim PT PLN Merugi Karena Jokowi Tidak Mendengarkan Nasihatnya

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.