Sidang Putusan Praperadilan Setnov Digelar Kamis 14 Desember 2017

Cindy
Kamis, 07 Desember 2017 14:26 WIB
Oleh Cindy pada Kamis, 07 Desember 2017 14:26 WIB
Image Sidang Putusan Praperadilan Setnov Digelar Kamis 14 Desember 2017
Foto:Istimewa

WinNetNews.com-  Kabar terbaru tentang sidang Praperadilan Setya Novanto sudah diputuskan. Kusno hakim tunggal sidang Praperadilan Setnov  memutusakan untuk menggelar sidang putusan praperadilan itu pada Kamis (14/12) pukul 09:00 WIB, atau dua hari lebih cepat dari tenggang. 

Dikutip dari CNN, sidang putusan ini tetap lebih lambat sehari dari jadwal sidang perdana kasus e-KTP dengan tersangka Novanto, yang bisa membuat sidang praperadilan itu gugur.

“Karena dibatasi waktu, ini hari Kamis (7/12), kemudian Kamis (14/12) sore biasanya saya putus. (Putusan praperadilan) ini selambat-lambatnya tujuh hari. Kita biasanya enam hari, kalau saya itu saya putus,” kata Kusno di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. 

Sidang putusan Praperadilan itu bisa saja digelar pada keesokan harinya, Jumat 15/12/2017, demi menghindari tudingan ketidakadilan.

Masa sidang praperadilan diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). Pasal 82 huruf c KUHAP menyebutkan, praperadilan dilakukan dengan cara cepat dan selambat-lambatnya tujuh hari hakim harus sudah menjatuhkan putusan.

Tetapi dengan kententuan dan hanya memperhitungkan hari kerja, maksimal sidang putusan praperadilan Setnov ini seharusnya dilakukan pada Senin 18/12/2017. 

Kusno mengaku sudah mengetahui soal pelimpahan berkas Setnov ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta. Ia menyebut akan berpegang pada Pasal 82 huruf d KUHAP yang diubah pada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) 102/PUU-XIII/2015.

“(Praperadilan) itu baru gugur setelah pemeriksaan pokok perkara dimulai. Kapan pemeriksaan pokok perkara? Sejak Hakim yang menyidangkan pokok perkara ketok palu membuka sidang perkara,” kata Kusno.

KPK diketahui sudah melimpahkan berkas penyidikan kasus korupsi e-KTP ke Pengadilan Tipikor Jakarta, pada Rabu 6/12/2017. Namun, Pengadilan Tipikor masih harus memproses administrasinya sebelum mulai menyidangkan kasus tersebut. 

 

Bikin Kolak Pelangi untuk Buka Puasa Yuk!
Wasekjen PBNU: Gubernur DKI Itu Jangan Urusi yang Salat-Salat Gitu Lah

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.