Skip to main content

Simak Gunakan Toilet Umum Agar Aman dan Nyaman

Simak Gunakan Toilet Umum Agar Aman dan Nyaman
Simak Gunakan Toilet Umum Agar Aman dan Nyaman

Sebersih apa pun toilet umum, tempat itu tetap menjadi bersarangnya banyak kuman dan bakteri yang menyebabkan infeksi. Kuman dan bakteri ini bisa menyebar dan berpindah dari satu orang ke orang lain melalui hal-hal kecil di dalam toilet umum.

Kita tentu tak bisa menghindari toilet umum jika dalam keadaan terdesak dan di luar rumah. Satu-satunya hal yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan diri dan memperhatikan hal-hal berikut saat menggunakan toilet umum, melansir dari laman Bold Sky dan dreamersradio.com, berikut tuntunan untuk menggunakan toilet umum agar aman & nyaman. let's check it out:

1. Perhatikan barang bawaan

Hindari membawa barang bawaan seperti tas ke toilet umum, jika bisa titipkan ke teman atau tempat penitipan terlebih dulu. Jika tidak ada teman atau tempat penitipan, gantung tas di tempat yang dirasa aman dan jangan diletakkan di lantai.

2. Jangan lepas alas kaki

Seberapa pun bersihnya toilet umum, jangan melepaskan alas kaki. kuman yang ada di lantai bisa tersalur dari kulit ke darah.

3. Waspadai gagang pintu

Tidak bisa dipungkiri kalau gagang pinti di toilet umum adalah salah satu tempat bersarangnya kuman dan bakteri karena hampir semua orang yang keluar masuk pasti memegang gagang pintu tersebut.

Untuk itu, cobalah untuk menghindari menyentuh langsung gagang pintu. Jika bisa, pegang bagian lain di pintu untuk membuka dan menutup pintu atau gunakan tissue saat menyentuh gagang pintu.

4. Cuci tangan

Ini merupakan hal paling dasar yang harus dilakukan. Namun kadang seseorang malas atau lupa mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer sebagai gantinya. Meski begitu, mencuci tangan setelah menggunakan toilet umum itu sangat penting!

5. Hindari hand dryer

Untuk mengerngkan tangan setelah mencuci tangan, usahakan untuk tidak menggunakan mesih hand dryer. Sebaiknya gunakan handuk kertas, karena penggunaan hand dryer justru akan menyebarkan kuman lebih luas karena udara panas yang dikeluarkan.

6. Tekan flush button dengan tissue

Sama hal seperti gagang pintu, tombol flush di toilet juga banyak disentuh orang dan menjadi sarang kuman. Jadi saat memencetnya, pakai tissue untuk melindungi tangan.

7. Tutup toilet saat menyiram

Saat menyiram, tutup toilet karena jika disiram dalam keadaan terbuka, cipratan airnya bisa ke udara dan menyebarkan infeksi.

8. Toilet jongkok

Dibandingkan menggunakan toilet duduk, toilet jongkok sebenarnya lebih aman karena tidak banyak kontak langsung dengan kulit. Meski dirasa kurang nyaman, tapi sebaiknya memilih toilet jongkok jika ada.

9. Lap dudukan toilet

Jika terpaksa harus menggunakan toilet duduk, usahakan sebisa mungkin tidak berkontak langsung dengan kulit. Atau sebelum menggunakannya lap terlebih dahulu dudukan toilet yang akan digunakan.

(nay)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top