Skip to main content

Sinabung memaksa ribuan penduduk desa meninggalkan rumah mereka

Sinabung memaksa ribuan penduduk desa meninggalkan rumah mereka
Sinabung memaksa ribuan penduduk desa meninggalkan rumah mereka

Sebuah letusan gunung berapi di bagian barat Indonesia telah melepaskan abu panas lebih dari satu mil ke udara dan mengancam kehidupan ribuan di desa-desa di dekatnya .

Gunung Sinabung , yang terletak di pulau Sumatera , telah aktif selama lebih dari 400 tahun sebelum meletus pada bulan Agustus 2010 ketika menewaskan sedikitnya dua dan membuat lebih dari 30.000 tunawisma .

Statusnya dinaikkan ke tingkat peringatan tertinggi pada 2 Juni karena ukuran pertumbuhan yang ' kubah lava ' , gundukan magma penuh yang tumbuh di dalam gunung berapi sebelum meletus hebat .

Lebih dari 2.700 orang telah dievakuasi dari rumah mereka namun demikian belum ada laporan mengenai korban jiwa maupun luka-luka meskipun abu panas sering berjatuhan sampai dua mil dari sumber letusan .

Selama letusan telah terjadi sekitar 11 longsoran akibat abu panas dan vulkanologi memperingatkan bahwa dapat terjadi hujan batu bercampur gas panas setiap saat.

Letusan pada bulan Februari tahun lalu telah menewaskan sedikitnya 16 orang, muntahan cairan lava panas serta hujan abu selama empat hari .

Gunung Sinabung merupakan salah satu dari sekitar 130 gunung berapi aktif di Indonesia dan dikenal sebagai Pacific ' Ring of Fire ' yang rawan meletus. Ini disebabkan karena lokasi gunung tersebut yang berada di antara lempeng tektonik .

Walaupun gunung berapi di Indonesia meletus secara tiba-tiba, namun demikian para petani tetap bekerja di lereng gunung yang mematikan tersebut. Hal ini disebabkan karena tanah yang berada di sekitar gunung merupakan tanah yang sangat subur.

(cn)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top