Sinar Api Menyala di Kawah Gunung Bromo

Sinar Api Menyala di Kawah Gunung Bromo

Selasa, 26 Jan 2016 | 13:08 | Rusmanto
WinNetNews.com - Gunung Bromo yang statusnya Siaga atau Level III masih saja mengeluarkan hujan abu. Pada Senin (25/1) beredar foto kawah Gunung Bromo terlihat berkilauan seperti tampak ada sinar api.

Sinar api itu dilihat dari Dusun Cemoro Lawang, Kabupaten Probolinggo. Pancaran warna merah yang menghiasi bagian atas kawah itu menunjukkan aktivitas dapur magma yang tinggi.

Petugas Pos Pantau Gunung Bromo mengatakan mulai pukul 19.16 WIB, Senin (25/1) sinar api itu sudah terlihat. Munculnya sinar api tersebut menyuguhkan keindahan bagi wisatawan yang berkunjung saat erupsi seperti sekarang ini. Wisatawan masih diperbolehkan berkunjung untuk menikmati alam Bromo dengan batas aman 2,5 km dari pusat kawah.

Menurut Kepala Pos Pantau Gunung Bromo Ahmad Subhan, sinar api terlihat jelas pada malam hari. Hal itu menunjukkan energi masih kuat di dalam dapur magma. Hasil rekaman pos pantau, terekam suara gemuruh sangat kuat dan dentuman sejak Senin (25/1) pukul 12.00 sampai pukul 18.00, gempa tremor amax 7 sampai 36 milimeter, dominan 17 milimeter, asap kelabu kecoklatan tebal terus disemburkan dengan ketinggian 1.500 meter atau 3.829 meter dari permukaan laut. Subhan juga memastikan foto yang beredar di kalangan wartawan soal sinar api itu adalah asli.

disadur dari situs detik news

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...