Sindir Tentang Sajaegi di "MAMA 2019", Jin BTS Tuai Dukungan Penuh dari Netizen
Foto: Kstarlive

Sindir Tentang Sajaegi di "MAMA 2019", Jin BTS Tuai Dukungan Penuh dari Netizen

Kamis, 5 Des 2019 | 14:49 | Nisa Diniah

Winnetnews.com - Industri musik Korea Selatan belakangan ini tengah hangat memperbincangkan tentang sajaegi (manipulasi chart). Hal ini terjadi setelah beberapa musisi Korea dengan lagu "tak populer" secara mengejutkan mampu menempati peringkat 1 di chart musik domestik.

Menariknya, salah satu member BTS yakni Jin menuai banyak pujian dari netizen usai dia membahas kontroversi tersebut di MAMA 2019. Selama pidato penerimaan penghargaan "Song of the Year" di MAMA 2019, Jin memanfaatkan waktu untuk berbicara dimana dia menentang masalah sajaegi, yang baru-baru ini kembali hangat di Korea Selatan.

Member tertua BTS ini mengatakan, "Aku sangat ingin berterima kasih kepada ARMY (fandom BTS) kami. Kami berusaha keras untuk membuat lagu-lagu kami, dan kami akan membawa lagu yang bagus tahun depan juga."

Dia melanjutkan, "Ada banyak artis dan orang-orang yang membuat lagu, aku harap dunia akan datang ketika semua lagu itu diakui dan didengarkan banyak orang. Ada metode curang tetapi bukankah lebih baik membuat musik dengan cara yang lebih jujur? Aku harap waktunya akan tiba ketika semua orang membuat musik dan mendengarkan musik yang bagus."

Sindiran Jin soal sajaegi ini langsung menjadi sorotan. Banyak yang memberikan pujian Jin karena menyindir dengan cara yang halus namun tetap tepat sasaran.

"Musik yang jujur. Apakah kalian musisi sajaegi menonton ini? BTS dengan kelas dunia menyebut kalian. BTS, selamat telah menyapu bersih penghargaan!! Selamat untuk ARMY juga!," kata seorang netter.

"BTS memiliki hak untuk berbicara tentang keadilan dalam industri ketika mereka berhasil sejauh ini setelah menderita begitu banyak ketidakadilan hanya karena berasal dari agensi yang lebih kecil. Selamat atas 9 piala kalian," seru netter lain.

"Bagi grup populer untuk menyebutkan masalah ini di atas panggung setelah memenangkan penghargaan penting berarti bahwa mereka memilih untuk memikul beban mengungkapkan betapa buruknya masalah sajaegi kepada publik. Aku sangat berharap mereka mengambil kesempatan ini untuk menyelidikinya sampai akhir," tutur netter lain.

"Mereka berjuang lebih keras daripada siapapun untuk sampai ke sini sehingga mereka punya hak untuk mengatakannya," sambung netter lain.

"Bahkan dengan BTS yang telah menyebutkannya, kita dapat melihat seberapa parah situasinya sekarang," sahut netter lain.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...