Sist.. Berat Badan Ideal Saja Tak Menjamin Hidup Sehat Loh
Foto: weightlossresources.co.uk

Sist.. Berat Badan Ideal Saja Tak Menjamin Hidup Sehat Loh

Jumat, 28 Apr 2017 | 17:23 | Gunawan Wibisono

WinNetNews.com - Berat badan ideal yang diukur dari indeks massa tubuh (IMT) selama ini dianggap identik dengan hidup sehat danbisa menghindarkan seseorang dari risiko penyakit mematikan. Sebuah penelitian menegaskan anggapan itu salah.

Seseorang dengan berat badan ideal tetap bisa mengalami kematian dini. Lingkar pinggang, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine tersebut lebih akurat menggambarkan sehat atau tidaknya seseorang.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan mengamati data dari sekitar 42 ribu orang di Inggris. Selain mengamati indeks massa tubuh, mereka juga melakukan penghitungan Waist to Hip Ratio atau rasio antara lingkar pinggang dan panggul.

Rasio yang lebih tinggi berhubungan dengan obesitas sentral, yakni kegemukan yang terpusat di area perut dan pinggang. Dalam berbagai penelitian, obesitas sentral berhubungan erat dengan sindrom metabolik dan berbagai penyakit kronis mematikan.

Hasil pengamatan menunjukkan, obesitas sentral paling menentukan risiko kemtian dini karena berbagai sebab baik pada pemilik indeks massa tubuh ideal maupun yang berat badannya berlebih.

"Pesannya di sini adalah jika Anda punya obesitas sentral, tidak peduli indeks massa tubuh Anda, Anda harus melakukan sesuatu untuk mengurangi lemak," tulis para ilmuwan, dikutip dari Sciencedaily.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...