Sistem Ganjil Genap Diklaim Turunkan Volume Lalin 15%

Sistem Ganjil Genap Diklaim Turunkan Volume Lalin 15%

Rabu, 31 Agt 2016 | 13:38 | Rusmanto
WinNetNews.com - Kebijakan ganjil genap sudah berjalan lebih dari satu bulan. Dari evaluasi yang dilakukan, Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI, Andri Yansyah menyimpulkan kebijakan pembatasan lalu lintas ganjil genap efektif mengurangi kemacetan.

"Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kinerja yakni meningkatnya kecepatan dan berkurangnya waktu perjalanan," kata Andri dalam keterangan tertulisnya, Rabu (31/8/2016).

Dari survei lalu lintas yang dilaksanakan, lanjut Andri, ditemukan penurunan waktu perjalanan pengendara rata-rata sekitar 19 persen. Kemudian kecepatan kendaraan meningkat rata-rata sebesar 20 persen.

"Selain itu hal ini juga berdampak pada frekuensi pelayanan transportasi publik TransJakarta dan meningkatnya jumlah penumpang," ujar Andri.

Survei lalu lintas yang dilaksanakan Dishubtrans juga menunjukkan ada penurunan volume lalu lintas kira-kira sebesar 15 persen.

Meski disebut efektif, masih ada beberapa catatan yang masih perlu menjadi perhatian dalam penerapan ganjil genap. Beberapa di antaranya adalah soal perbaikan jalan di sejumlah ruas dan pemasangan rambu lalu lintas terkait.

"Kemudian ada juga penempatan anggota pengatur lalu lintas dan penegakan hukum yang harus dilakukan," tandas Andri.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...