Siswi SMA Pengendara Motor di Bandung Ini Terkejut Ditegur Suara Petugas CCTV

Siswi SMA Pengendara Motor di Bandung Ini Terkejut Ditegur Suara Petugas CCTV Foto & video: Instagram @atcs.kotabandung

WinNetNews.com - Para pengguna kedaraan bermotor yang berdomilisi di Kota Bandung jangan kaget kalau nanti ketika waktu mengendarai kendaraan bermotor dan kedapatan melanggar, siap-siap kena semprot petugas. Saat ini ada sejumlah kamera CCTV di setiap perempatan di Bandung yang siap

Dalam cuplikan CCTV yang lagi viral di media sosial terekam dua perempuan pelajar SMA berboncengan sepeda motor. Penumpangnya tidak memakai helm.

Tiba-tiba saat mengantri lampu merah, terdengar suara seorang pria melalui pengeras suara mengingatkan agar siswi yang tidak memakai helm tersebut untuk turun dari sepeda motor.

"Anak SMA, itu penumpangnya enggak pakai helm, silakan turunkan, lanjutkan pakai kendaraan umum. Ayo helm putih, Honda Beat putih, kamu terpantau dari control room melakukan pelanggaran dengan membawa penumpang tidak memakai helm, silakan di turunkan, ayo turun!" ucap petugas melalui pengeras suara itu.

Pelajar SMA tersebut terlihat bingung dan terkejut dengan suara yang muncul. Keduanya celingukan. Pengendara motor lainnya yang berada di lokasi juga kaget dan heran hadirnya suara tersebut.

"Yang pakai jaket hitam drivernya, ayo turunkan temannya atau putar balik.

Pakai helm untuk keselamatan, karena Anda mencelakakan teman Anda dengan tidak memakai helm. Silakan turunkan! Turun! demi keselamatan naik kendaraan umum saja kalau tidak ada helm," kata petugasnya lagi.

Perempuan berambut panjang itu kemudian turun dari motor. Petugas mengucapkan terima kasih karena telah mendengarkan arahan yang disampaikan melalui pelantang suara.

"Terima kasih sudah mendengarkan instruksi dari kami," kata dia.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Bandung Didi Riswandi menjelaskan video yang viral itu direkam dari markas Area Traffic Control System (ATCS) Dishub Kota Bandung yang berada di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana. Video itu menampilkan lokasi prapatan Jalan Pahlawan yang kejadiannya pada Sabtu (9/9).

Saat ini terpasang 136 CCTV di beberapa lampu merah. Kamera pemantau itu dikendalikan 10 petugas.

"Sebenarnya sudah agak lama CCTV itu. Hanya saja kemarin-kemarin petugasnya hanya tiga orang, tapi sekarang sudah ada 10 Tenaga Harian Lepas (THL) yang memantau dari pagi sampai malam," ujar Didi saat dikonfirmasi detikcom melalui sambungan telepon, Senin (11/9/2017).

CCTV menyebar di lokasi keramaian seperti sepanjang Jalan Soekarno Hatta mulai dari Cibeurem hingga Cibiru, sepanjang Jalan LL RE Martadinata, Jalan Pasteur dan Jalan Merdeka.

Lihat videonya disini: