'Siti', Film Indie Unjuk Gigi

'Siti', Film Indie Unjuk Gigi

WinNetNews.com - Siti menjadi Film Terbaik ajang Festival Film Indonesia 2015, itu sudah bukan barang baru. Namun sebagian besar orang masih bingung dan bertanya, "Siti itu apa sih? Film apa? Tayang di mana? Kapan tayangnya?". Bahkan mungkin Anda.

Itu hal yang wajar, karena memang Siti adalah sebuah film indie ( independent ), yang tidak dimaksudkan untuk tayang di bioskop, tidak dipromosikan secara komersial, dan tidak menyasar penonton umum. Siti hanya ditayangkan dari festival ke festival. Baik itu festival film dalam maupun luar negeri.

Sebut saja International Film Festival Rotterdam, Taipei International Film Festival, Hamburg International Film Festival, Vancouver International Film Festival, Vienna International Film Festival, hingga Hongkong Asian Film Festival, pernah dijejaki Siti.

Bahkan meraih sejumlah penghargaan bergengsi yaitu, Gelar Sinematografi Terbaik dan Naskah Film Terbaik di Shanghai International Film Festival 2015, Best Performer (Sekar Sari) di Singapore International Film Festival 2014, Special Mention Awards di Five Flavours Film Festival 2015, serta Honourable Feature Mention di Toronto Reel Asian International Film Festival 2015.

Siti yang diproduseri oleh Ifa Isfansyah memiliki biaya produksi yang relatif rendah, hanya Rp 150 juta saja. Walau begitu film produksi Fourcolor Film ini menjadi nominasi dalam 5 kategori FFI, dan meraih 3 diantaranya. Yaitu Penulis Skenario Asli Terbaik, Penata Suara Terbaik, dan Film Terbaik.